Hai Sisters, gimana puasa Ramadan-nya, masih lancar kan? Semoga sehat-sehat terus ya, Sisters.
Ngomongin puasa Ramadan, pasti nggak bisa lepas dari momen Lebaran, yang merupakan momentum penuh berkah yang sangat dinanti-natikan oleh banyak orang. Di momen ini, konsumsi masyarakat cenderung akan meningkat. Dan, promo Lebaran merupakan strategi jitu untuk bisa meningkatkan penjualan produkmu karena permintaan konsumen yang cenderung meningkat.
Tapi persaingan bisnis pun juga akan semakin ketat, dan ini artinya kamu juga harus melakukan strategi marketing yang tak kalah inovatif dari kompetitormu.
Nah, berikut ini adalah opsi promo Ramadan dan Lebaran yang bisa kamu sesuaikan dengan karakteristik produkmu, Sisters. Apa saja:
Midnight Sale
Biasanya, kegiatan ini akan berlangsung pada tengah malam hingga dini hari. Beberapa tahun terakhir, strategi midnight sale sering digunakan banyak perusahaan peritel besar di Indonesia. Besaran diskon yang diberikan pun tak main-main. Bahkan ada penjual yang berani memberi diskon hingga 80%.
Jika kamu bertanya, apakah penjual tidak merugi bila menawarkan diskon sebesar itu? Tentu jawabannya mereka tidak akan rugi. Sebab, mereka pasti telah melakukan perhitungan yang matang. Promo ini juga sangat efektif untuk meningkatkan omset penjualan.
Kontes dan Undian
Misalnya, kamu bisa mengadakan kontes foto bertema hari raya di mana peserta wajib menggunakan produk fashion-mu untuk kemudian diunggah di media sosial.
Adapun untuk undian, kamu bisa mengadakan promo undian khusus bagi pelanggan yang membeli produk kamu dengan jumlah tertentu.
Kupon atau Potongan
Kupon dapat juga digunakan sebagai alat promosi produkmu. Misalnya dengan cara menyertakan kupon berhadiah pada produk kamu. Sementara potongan merupakan pengurangan dari uang pembayaran produkmu.
Bundling Promo
Bundling promo merupakan strategi penjualan dengan cara menggabungkan beberapa produk yang saling berkaitan dan dijual secara paket. Misalnya, kamu penjual skincare. Jika biasanya kamu menjual sabun wajah, toner, dan pelembab secara terpisah, cobalah untuk menggabungkan ketiganya.
Supaya lebih menarik perhatian konsumen, kamu bisa memberikan diskon pada paket bundling tersebut. Misalnya harga sabun wajah Rp. 25.000, toner Rp. 30.000, dan pelembab Rp. 35.000, kamu bisa menjual bundling skincare tersebut dengan Rp. 100.000 saja.
BOGO alias Buy One Get One (Free)
Kamu bisa mengadakan event gratis satu produk bagi pelanggan yang telah melakukan pembelian. Tambahan produk gratis ini bisa berupa produk kamu yang kurang laku.
Promo Harga Khusus
Promo ini menggunakan strategi psikologis untuk menarik minat beli pelanggan. Misalnya menjual produk dengan harga Rp. 199.990, membuat konsumen merasa bahwa produk kamu masih lebih terjangkau dibandingkan Rp. 200.000.
Cuci Gudang
Promo ini bertujuan untuk menghabiskan stok produk lama kamu yang masih belum laku terjual. Biasanya, promo ini dilakukan saat akhir tahun dengan pemberian diskon hinggan 80%.
Gratis Ongkir
Ini yang sering membuat pelanggan enggan melakukan pembelian. Sebab, terkadang ongkos pengiriman justru lebih mahal dibandingkan sengan harga satu produkmu.
Menawarkan promo gratis ongkir bisa menjadi solusi permasalahan ini. kamu bisa mensyaratkan jumlah minimum yang harus dibeli pelanggan agar mendapatkan gratis ongkir.
Menurut kamu, promo mana yang lebih efektif menggaet pelanggan untuk membeli?