Hai Sisters! Membuka peluang usaha baru secara online adalah salah satu cara yang paling bijak agar usaha yang sebelumnya telah kamu miliki bertahan di zaman sekarang. Dengan semakin bertambahnya pengguna internet di Indonesia, dunia digital dapat membuat perubahan yang signifikan pada usahamu. Tentunya jika dieksekusi dengan baik.
Ikut merambah ke dunia digital dan punya kehadiran yang kuat secara online lebih dari sekadar memiliki website dan akun media sosial. Saat mulai membangun aset digital, entah itu website ataupun platform media sosial, kamu ingin agar tetap dapat dengan mudah diakses dan relevan dengan pelangganmu. Untuk itu, pastikan kamu melakukan tips berikut ini, ya, Sisters:
1. Buat website
Semakin banyaknya orang yang memiliki akses terhadap internet, website adalah hal wajib yang harus dimiliki usahamu. Walaupun usaha yang kamu miliki utamanya beroperasi secara offline, semisal coffee shop atau kafe, adanya website akan membuka potensi untuk menjalin hubungan yang lebih kuat pada pelanggan dan calon pelangganmu.
Contohnya kamu adalah pengusaha yang memiliki sebuah restoran, website yang kamu miliki tidak hanya sebatas menyajikan menu yang ada di restoran. Di dalamnya juga bisa terdapat blog yang menyajikan beberapa artikel mengenai resep makanan sehat yang berguna bagi para pelangganmu. Sehingga kamu dapat memberikan pendapat yang berguna, terlepas dari produk apa yang kamu tawarkan ke pelanggan.
2. Pastikan desain website yang kamu miliki enak dilihat
Sisters, tidak hanya di dunia nyata, first impression juga berlaku secara online. Tidak akan ada orang yang ingin datang ke website yang secara visual terlihat buruk. Tapi selain harus menarik secara visual, kamu juga harus memastikan pesan yang ingin kamu sampaikan dapat diterima oleh pelanggan.
Selain visual yang kuat, konten yang berkualitas serta waktu load yang cepat juga sama pentingnya. Terakhir, pastikan informasi mengenai kontak dapat dengan mudah dilihat ketika seseorang pertama kali membuka website-mu.
3. Bangun website yang mobile friendly
Sebagian besar orang mengakses internet melalui smartphone mereka, entah saat berada di transportasi umum, di tempat kerja, hingga saat pulang kerja. Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa kamu harus memiliki website yang juga optimal untuk mobile. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan website mobile meliputi kenyamanan membaca dan navigasi serta waktu load yang singkat.
4. Pastikan kontak yang kamu sediakan di website selalu bisa dihubungi
Berkat Google, orang cenderung mencari informasi pertama kali lewat internet. Jika kamu sudah memiliki basis online yang kuat antar platform, ini akan membuatmu lebih duntungkan dibanding pesaingmu yang lain.
Untuk itu, buat usahamu dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan lewat kontak yang selalu bisa dihubungi 24/7. Tentu adanya internet sangat memungkinkan ini terjadi, seperti email, fitur pesan yang ada di platform e-commerce, lewat akun media sosial, ataupun chatbot yang tersedia di website. Selain itu, memiliki opsi pembayaran yang beragam juga akan memudahkan pelangganmu.
5. Jangan memanfaatkan semua platform media sosial
Jika usaha yang kamu miliki berencana merambah internet, bukan berarti kamu harus punya semua akun media sosial. Ingat bahwa kebiasaan dari pengguna tiap media sosial berbeda-beda. Pertama-tama, tentukan kira-kira pelangganmu lebih banyak menggunakan platform media sosial yang mana dan jenis konten apa yang ingin kamu coba sampaikan.
Jika mereka lebih sering menghabiskan waktunya membuka Instagram, maka Instagram for Business-lah yang paling cocok. Kalau mereka lebih sering menggunakan Facebook, maka buatlah Facebook Fan Page.