Hai Sisters! Pemenang kedua dari program W20 SISPRENEUR 2022 asal Jakarta, Thekla Odelia Caramia, mengaku bahwa apa yang diraihnya dari program W20 SISPRENEUR ini tidak hanya menambah pengetahuan, tetapi juga mitra baru. Dia merasa semakin percaya diri dalam membangun visi bisnis jangka panjang. Thekla berencana untuk menggunakan hadiah modal sebesar Rp 45 juta untuk tujuan pemasaran dan produksi brand fashion-nya. Dia yakin tambahan modal tersebut dapat membantunya menciptakan nilai tambah bagi pelanggan sehingga masyarakat akan semakin mengenal brand miliknya yaitu Tioria by Caramia.
Di zaman digital seperti sekarang ini para pelaku usaha akan memanfaatkan kanal-kanal digital, mulai dari email, mesin pencarian, media sosial, serta berbagai website. Strategi ini dilakukan agar sebuah bisnis dapat terhubung dengan target pelanggan. Pada strategi digital marketing, kamu juga perlu mengoptimalkan cara berkomunikasi melalui pesan teks maupun pesan multimedia.
Dengan pemanfaatan digital dan strategi marketing yang tepat, maka produk yang kamu jual akan lebih dikenal dan menaikkan omzetmu, lho, Sisters! Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa memilih strategi marketing yang cocok dengan produk yang kita jual?
Nah, pas banget nih, Sisternet dan Sister Caramia ngobrol-ngobrol soal dunia entrepreneurship? Yuk simak penuturannya di bawah ini!
Q: Boleh dong, diceritakan siapa sosok Thekla Odelia Caramia itu?
A: Saya seorang kreatif sejak saya berusia 3 tahun, tetapi belajar kewirausahaan seiring bertambahnya usia. Saya adalah mantan atlet mahasiswa dan saya sangat menikmati budaya Indonesia.
Q: Apa yang membuat Sister Caramia tertarik untuk terjun ke dunia entrepreneurship?
A: Sejujurnya itu adalah kombinasi dari kegagalan, keberuntungan, dan panggilan.
Q: Bagaimana waktu memulai bisnis sendiri? Apa yang pertama kali dilakukan kemudian bagaimana bisa terus konsisten menjalaninya?
A: Ketika saya memulai bisnis saya, itu sangat sulit karena saya harus belajar hampir semuanya dari nol. Apa yang membuat saya terus maju adalah cinta yang saya miliki untuk apa yang saya lakukan, tujuan jangka panjang saya, dan komunitas yang sangat mendukung saya.
Q: Apa saja scope yang harus diperhatikan perihal marketing? (online, offline, media sosial, e-commerce, billboard, dan sebagainya).
A: Menurut saya dalam hal pemasaran, saat ini kita hanya harus bisa cepat beradaptasi dengan tren dan konsisten melakukannya. Terutama dengan segala sesuatu yang serba digital, tidak mungkin untuk tidak cepat tanggap.
Q: Menurut Sister Caramia mengapa strategi marketing penting?
A: Karena strategi pemasaran yang tepat dapat membantu kita mendapatkan eksposur yang tepat, dan strategi pemasaran yg kurang efektif menghabiskan sumber daya Anda sepenuhnya.
Q: Bagaimana strategi marketing yang efektif untuk bisnis yang akan level-up?
A: Setelah kita memiliki lebih banyak data tentang jenis pemasaran apa yang berhasil, saya sarankan untuk melanjutkan apa yang berhasil tetapi juga mencoba hal-hal baru, ini memungkinkan pertumbuhan berkelanjutan dan ide-ide baru.
Q: Apa saja kendala yang biasanya dihadapi dalam melakukan marketing dan bagaimana solusi untuk menghadapinya?
A: Saya pikir sama seperti bisnis apa pun, pemasaran adalah upaya tanpa akhir karena "awareness" membutuhkan waktu untuk dibangun. Saya pikir salah satu solusinya adalah menjadi sangat konsisten dengan visi kita dan mengeksekusi dengan kemampuan terbaik.
Q: Apa saja tips yang bisa dilakukan oleh para Sister yang menjalani bisnis sendiri?
A: Bersabarlah dengan diri sendiri, dan lakukan yang terbaik untuk fokus pada pertumbuhan diri sendiri. Selain itu, kelilingi diri dengan orang-orang yang mendukung kamu, Sisters.
Nah, seru kan ngobrol bareng Sister Caramia? Sisters, selalu nantikan kisah-kisah inspiratif dari Inspiring Sister pilihan Sisternet berikutnya dengan mengunduh aplikasi Sisternet melalui link ini: https://linktr.ee/sisternet. Yuk, kita sama-sama menuju perempuan Indonesia #JadiLebihBaik !