Hai Sisters!
Warung kopi atau coffee shop yang sekarang ini semakin menjamur, menjadi bukti bahwa bisnis ini memberikan keuntungan dan tak sekedar mengejar tren kekinian.
Tapi, agar bisnis tersebut bisa sukses dan bisa bertahan lama, pebisnis harus bisa membaca kebutuhan dan keinginan target. Mulai dari pecinta kopi ataupun masyarakat umum yang gemar melakukan banyak hal di coffee shop, seperti bekerja, kerja kelompok, berkumpul dengan teman-teman ataupun rapat dengan klien.
Belajar dari target pasar dan tren, kamu bisa memulai bisnis coffee shop dengan memperhatikan 5 hal berikut ini, seperti dilansir dari Cermati.com:
1. Pilihan kopi
Keuntungan membuka coffee shop di Indonesia adalah banyaknya ragam pilihan biji kopi dari seluruh wilayah Nusantara. Bahkan, coffee shop biasanya tak hanya menjual minuman yang siap diminum atau dibawa pulang tetapi juga biji kopi pilihan favorit di Indonesia dalam menunya.
Jadi tentunya, pemilihan kopi yang dijual juga harus diperhatikan, mengingat yang datang ke tempat inii bukan hanya kalangan tongkrongan tetapi juga pecinta kopi.
2. Lokasi
Seperti kenyataan saat ini, di wilayah yang menjadi tempat berkumpul anak muda, tak sedikit coffee shop dengan jarak berdekatan bahkan bersebelahan. Hal itu perlu diperhatikan bagi pebisnis coffee shop untuk memilih lokasi yang tepat dan jika berdekatan membangun persaingan sehat.
Bahkan, menjadi penting untuk bisa memiliki ciri khas sendiri baik dari segi visual hingga menu yang ditawarkan agar menjadi pembeda dan karakter coffee shop-mu.
3. Makanan
Coffee shop tentunya tak hanya menjual minuman kopi tapi juga makanan pendamping lainnya. Baik kue, roti, hingga makanan utama. Sebab, berbagai karakter pengunjung coffee shop saat datang, seperti hanya ingin menikmati kopi saja atau sambil makan makanan berat.
4. Hiburan
Beragam jenis hiburan yang bisa ditawarkan coffee shop, seperti penampilan band, fasilitas board game, komik/buku dan game machine. Pilihan hiburan yang dihadirkan di coffee shop bisa menjadi bentuk layanan membuat pengujung betah dan datang lagi di kemudian hari. Sebab, ini menjadi daya tarik pengunjung dan ciri khas dari coffee shop yang kamu dirikan.
5. Kenyamanan
Hal ini bisa menjadikan bisnismu mendapatkan pelanggan setia dan baru. Adapun kenyamanan yang bisa ditawarkan seperti fasilitas seperti hiburan dan internet yang membuat pelanggan betah. Penting juga fasilitas bangku dan meja, juga konsep desain interior yang mendukung kenyamanan para pengunjung.
Kalau coffee shop-mu, sudah tersedia apa saja, Sisters?