Hai Sisters! Wabah corona yang datang tiba-tiba mungkin menuntutmu untuk mengubah dan menyesuaikan strategi campaign bisnismu.
Penyakit karena virus ini memang sudah ada dalam waktu yang cukup lama di Indonesia. Meski begitu, mungkin beberapa dari kamu masih mencari cara menyesuaikan strategi campaign marketing virus corona yang tepat.
Tenang, kalau kamu salah satunya, Sisternet sudah menyiapkan informasi tentang apa saja yang harus kamu pertimbangkan dalam menyusunnya. Simak dibawah ini, ya:
Di masa ini, tentu kamu memiliki sedikit perasaan cemas dan khawatir. Beberapa rencana harus ditunda hingga waktu yang belum pasti. Beberapa rencana bahkan harus dibatalkan karena wabah ini.
Nah, yang merasakannya bukan hanya kamu. Konsumen dan calon konsumen juga mungkin merasakan hal yang sama. Oleh karena itu, karena berada dalam situasi yang sama atau mirip, coba tunjukkan kepedulian dan rasa empati melalui brand atau bisnis yang kamu jalani ini, Sisters.
Dilansir dari Marketing Week, masa wabah ini memang menuntut brand untuk menekan biaya operasional, Sisters.
Meski begitu, kamu sebaiknya tetap melakukan brand building dengan penyesuaian strategi campaign sesuai keadaan wabah virus corona. Ingat, meski ini adalah masa krisis, pada akhirnya, wabah akan hilang dan semuanya kembali seperti biasa.
Jika selama wabah brand memutuskan untuk berhenti melakukan campaign, akan sulit bagi brand untuk bangkit saat wabah sudah hilang. Sebaliknya, apabila kamu berusaha menjadi adaptif, saat wabah hilang, bisnis akan tetap berjalan, bahkan bisa lebih lancar dari biasanya.
Brand bisa menyiasati dengan fokus ke bidang digital marketing melalui website atau e-commerce, media sosial, search engine, dan lain-lain, lho, Sisters.
Ada berbagai macam strategi digital marketing saat wabah corona. Industri makanan dan kuliner bisa menyesuaikan dengan inovasi produk ready to eat, ready to cook, ready to drink, hingga frozen food yang dibeli melalui konsep pesan antar.
Industri pendidikan dan training bisa menyesuaikan dengan membuka kelas online.