Hai Sisters! Dewasa ini, perkembangan digital marketing semakin pesat. Banyak cara-cara segar yang digunakan untuk memperkenalkan sebuah brand, salah satunya melalui brand activation.
Istilah keren yang satu ini merujuk pada kegiatan perkenalan merk atau produk baru melalui kegiatan interaktif. Saat ini, ada berbagai istilah yang serupa namun memiliki peran yang berbeda.
Sebut saja istilah brand, branding, brand story, brand voice, dan kali ini brand activation. Pada dasarnya, semua istilah tersebut adalah bagian dari promosi dan pemasaran.
Kamu pastinya sudah mengetahui tujuan dari promosi dan pemasaran bukan? Pastinya, tujuannya untuk membangun kesadaran pelanggan dan mendorong peningkatan penjualan. Ada banyak sekali strategi yang bisa kamu coba untuk memenuhi target tersebut.
Mulai dari kegiatan promosi yang paling tradisional hingga modern. Pemasaran tradisional bisa dengan cara mencetak dan membagikan brosur, leaflet, atau memasang spanduk.
Promosi modern atau selanjutnya dikenal sebagai digital marketing banyak menggunakan konten media sosial yang menarik.
Namun, ada satu strategi promosi dan pemasaran yang juga perlu kamu ketahui yaitu brand activation. Untuk memahami lebih jauh apa itu brand activation, simak penjelasan berikut, ya!
Apa Itu Brand Activation?
Ketika sedang ada launching mobil keluaran terbaru, pernahkah kamu mencoba fitur-fiturnya hingga mencoba test drive? Ilustrasi tersebut adalah contoh dari strategi brand activation.
Menurut Send Pulse, brand activation adalah acara, kampanye, atau interaksi dimana perusahaan mendorong pelanggan untuk melakukan tindakan terhadap produknya.
Dengan kata lain, brand activation adalah sebuah kegiatan promosi yang dilakukan dengan mengajak pelanggan untuk mencoba atau merasakan langsung produk dari suatu merk.
Cara ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran merek, membangun hubungan yang langgeng dengan audiens, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Cara ini memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan perusahaan tertentu secara langsung.
Jika biasanya pelanggan hanya mengetahui sebuah produk melalui iklan, dengan brand activation pelanggan bisa melihat, mencoba, dan merasakan langsung produk yang baru dirilis.
Sebagai contoh, acara pameran IIMS (Indonesia International Motor Show) yang khusus menampilkan produk otomotif berupa mobil keluaran terbaru yang bisa kamu rasakan fitur dan kemewahannya.
Contoh lainnya, kegiatan pameran UMKM yang sering kali memberikan produk gratis untuk dicoba. Biasanya, berlaku untuk produk makanan atau minuman.
Berinteraksi langsung dengan merek dan produk tentu terasa lebih spesial ketimbang hanya melihatnya dari iklan.
Mengapa Brand Activation Penting?
Pada masa digital marketing seperti saat ini, sangat sulit untuk menonjol di antara ribuan merek yang melakukan cara terbaik untuk mencapai tujuan mereka.
Namun, kamu bisa mencari metode interaktif dan efektif untuk menarik audiens dan membuat bisnismu dikenal di tengah ketatnya persaingan pemasaran digital.
Berbagai bentuk pemasaran seperti brand activation, guerilla marketing, ambient marketing, dan ambush marketing adalah solusi atas permasalah tersebut.
Ketika baru memulai bisnis, tentu kamu harus mengenal audiens dengan baik. Namun, audiens tidak mengenal bisnismu.
Brand activation adalah kesempatan yang bagus untuk mempresentasikan merek dan menciptakan hubungan emosional antara brand dengan pembeli.
Cara ini menciptakan sesuatu yang menarik yang akan menghasilkan minat dan ketertarikan bagi audiens untuk mengenali bisnismu lebih jauh.
Apa Saja Contoh Kegiatan Brand Activation?
Brand activation meliputi kegiatan promosi interaktif. Jadi, terjadi komunikasi dua arah antara pelanggan dan perusahaan dalam strategi pemasaran.
Lantas, apa saja kegiatan yang bisa dimanfaatkan untuk promosi ini? Berikut daftarnya yang bisa kamu coba:
1. Pameran
Kegiatan pertama yang bisa dimaksimalkan untuk kegiatan promosi ini adalah pameran. Pada dasarnya, pameran dibedakan lagi menjadi beberapa jenis.
Namun, dalam bisnis kita mengenal beberapa acara pameran yang sering dilaksanakan. Misalnya, pameran UMKM.
Dalam kegiatan pameran, kamu bisa membawa bisnis dan produkmu ikut serta di dalamnya. Kamu bisa berinteraksi dengan audiens sambil memberikan kesempatan mereka mencoba produkmu.
Melalui acara pameran atau expo ini, calon pelanggan bisa merasa lebih yakin dengan produk yang kamu jual. Mereka pun tak akan ragu lagi dalam melakukan pembelian.
2. Talkshow
Selain melalui kegiatan khusus bisnis, kamu juga bisa menerapkan strategi brand activation melalui acara talkshow. Bagaimana caranya? Kamu bisa menjadi sponsor dalam acara tersebut.
Biasanya, keuntungan yang akan didapat oleh sponsor adalah mendapat tempat untuk membuka booth serta bisa mendemonstrasikan produk di depan audiens. Menjadi sponsor sebuah event tak harus mahal.
Kamu dan panitia penyelenggara bisa mendiskusikan ketentuan kerja samanya. Pastinya, pilihlah event yang relevan dengan bisnismu.
Misalnya jika kamu memiliki bisnis perlengkapan ibu dan anak, menjadi sponsor dalam talkshow seputar parenting bisa membantumu dalam bertemu dengan pelanggan potensial.
3. Berikan Sampel Gratis
Selain melalui acara-acara besar, ada cara lain untuk menerapkan strategi brand activation meskipun dengan budget yang minim. Sederhananya, kamu bisa membagikan sampel produk gratis kepada target pasar secara acak.
Bagaimana cara membagikan produknya? Kamu bisa membuka booth di dekat taman, di pimggir jalan, maupun di dekat pasar. Kemudian, cobalah membagikan sampel produk secara gratis. Teknik ini cenderung lebih ampuh jika kamu menjual produk makanan atau minuman.
Selain itu, kamu juga bisa memberikan sampel produk gratis kepada pelanggan yang datang langsung ke tokomu.
4. Social Media Engagement
Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, kegiatan promosi yang satu ini dilakukan dari jarak jauh alias daring. Jika kegiatan offline membutuhkan biaya yang tidak sedikit, kamu bisa memaksimalkan media sosial.
Pastinya kamu sudah paham cara memanfaatkan media sosial untuk membagikan postingan. Namun, brand activation lebih dari itu. Kamu bisa berinteraksi dua arah dengan audiens.
Misalnya, membalas komentar netizen, membuka kolom QnA, atau ikut nimbrung dalam threads di Twitter.
Posisikan dirimu sebagai teman dari pelanggan yang bisa diajak komunikasi dua arah. Jangan posisikan dirimu sebagai penjual.
Manfaat Brand Activation
Setelah mengetahui definisi dan bentuk kegiatan dari brand activation, tiba waktunya kamu mengetahui apa saja manfaat utama dari kegiatan promosi tersebut. Dirangkum dari Purity, berikut penjelasannya.
Berikut penjelasan tentang strategi brand activation yang bisa kamu terapkan untuk bisnismu. Selamat mencobanya, ya!