Hai Sisters! Perkembangan teknologi digital memunculkan bisnis yang akan naik di dunia metaverse. Seiring dengan kemunculan metaverse, yakni realitas digital alternatif tempat orang bekerja, bermain dan bersosialisasi, bermunculan pula bisnis yang akan naik di dunia metaverse.
Seperti diketahui, metaverse meledak menjadi kesadaran publik pada Oktober 2021 ketika Facebook, Inc. mengubah namanya menjadi "Meta" dan mengumumkan investasi bernilai miliaran dolar dalam teknologi metaverse.
Terlepas dari gembar-gembornya, Meta mengatakan teknologi metaverse satu dekade atau lebih jauh dari kedewasaan. Sementara itu, pemilik usaha kecil mungkin ingin mengambil klaim dan peluang investasi terkait metaverse dengan lebih dari sekadar yang bisa dimanfaatkan.
Karena kemungkinan besar ini akan menjadi bagian dari kehidupan manusia, bentuk pemasaran dan bisnis di sektor ini pun sudah mulai banyak diperbincangkan di dunia metaverse. Beberapa di antaranya pun sudah dapat dilakukan meski ini belum benar-benar hadir secara lengkap.
Metaverse akan mempengaruhi pemasaran dalam banyak cara, beberapa di antaranya dapat kamu mulai terapkan sekarang. Nah, berikut jenis bisnis yang akan naik di dunia metaverse hingga mendapatkan cuan:
1. Bisnis Furnitur
Saat membuka usaha bisnis furnitur sangat tepat dalam menjualnya atau mempromosikannya lewat metaverse. Hal ini dapat memvisualisasikan seperti apa tampilan produk furnitur dan dekorasi di ruangmu menggunakan aplikasi AR dari penjual besar seperti Amazon, Home Depot, Ikea, Target, dan Wayfair.
2. Bisnis Kacamata
Dengan hadirnya dunia metaverse memudahkanmu dalam membeli kacamata tanpa harus langsung ke tokonya. Kamu hampir dapat "mencoba" bingkai sebelum memesannya secara online menggunakan alat dari vendor kacamata seperti LensCrafters, Warby Parker, dan Zenni Optical.
3. Bisnis makeup
Kamu bisa mendapatkan perombakan virtual untuk melihat produk dan warna apa yang paling cocok untuk wajahmu menggunakan aplikasi dari merek kosmetik seperti Mac, Maybelline, dan Sephora.
4. Bisnis pakaian dan sepatu
Pakaian secara teknis lebih rumit daripada item lain untuk direpresentasikan secara realistis dalam AR, tetapi kamu sebenarnya dapat "mencoba" pilihan item dari merek seperti Gucci dan Kohls. Nike juga menggunakan AR untuk membantu pembeli mengukur kaki mereka agar sesuai dengan ukuran yang tepat untuk setiap pasang sepatu.
Nah, kamu tertarik mencoba yang mana, Sisters?