Sisters, seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, dunia ekonomi seolah menjadi tanpa batas antar negara. Hal itu menyebabkan pemasaran global menjadi tren di sebagian besar negara termasuk Indonesia.
Para pebisnis berusaha memperluas target pasar dengan menjual produknya ke luar negeri. Lalu apa saja sih, manfaat global market bagi pebisnis?
1. Pertumbuhan Ekonomi
Manfaat pemasaran global yang pertama adalah pertumbuhan ekonomi suatu negara akan meningkat. Pertumbuhan ekonomi bergantung pada kegiatan jual beli masyarakatnya. Karena pemasaran global memberikan kesempatan yang lebih besar dalam menciptakan transaksi jual beli, maka hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.
2. Dapat Meningkatkan Kompetensi Pelaku Usaha
Manfaat pemasaran global berikutnya yaitu bisa meningkatkan kompetensi pelaku usaha yang menjalankannya. Dalam strategi pemasaran global, pelaku usaha dituntut untuk selalu kreatif, mencari ide dan strategi dalam menjual produknya ke konsumen global.
Pelaku usaha harus berpikir keras dan cerdas bagaimana menjual produknya, termasuk strategi pemasaran 4P, menjalin hubungan baik dengan distributor di negara lain, menguasai ilmu tentang ekspor impor dan lain sebagainya. Hal-hal seperti ini akan membuat pelaku usaha terus berusaha mengeluarkan kemampuan terbaiknya sebagai individu maupun dalam kerjasama tim.
3. Menghasilkan Produk yang Lebih Berkualitas
Manfaat pemasaran global lainnya yaitu akan menghasilkan produk yang berkualitas. Kompetisi yang terjadi memaksa perusahaan yang terlibat dalam global market menerapkan strategi pemasaran global yang efektif dan salah satunya adalah dengan menciptakan produk yang berkualitas untuk menarik perhatian konsumen. Hal ini akan membuat masyarakat mempunyai banyak pilihan terhadap produk khususnya produk yang berkualitas tinggi sehingga kehidupan mereka juga menjadi lebih baik.
4. Bertahan Hidup dan Kesempatan Kerja
Maksudnya adalah pemasaran global bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat serta bisa menciptakan kesempatan untuk hidup lebih baik. Karena pada prinsipnya, hampir tidak ada satu negarapun di dunia ini yang bisa memenuhi kebutuhan penduduknya secara sempurna baik itu dari kebutuhan pokok, sumber daya alam maupun teknologi. Selain itu, pemasaran global berdampak pada eksistensi dan perkembangan perusahaan yang melakukannya serta membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat suatu negara.
5. Meningkatkan Selera Masyarakat
Pemasaran global juga bermanfaat dalam terjadinya peningkatan selera masyarakat. Salah satu strategi pemasaran global yang dilakukan perusahaan penjual adalah memproduksi produk yang sesuai dengan selera masyarakat suatu negara. Apabila produk yang ditawarkan sesuai selera masyarakat maka penjualannya akan lebih mudah dan cenderung sukses sehingga perusahaan bisa terus berkembang.
Gimana, Sisters, kamu dan binsismu sudah siap?