Sisters, dalam situasi apapun, termasuk saat pandemi seperti sekarang, media sosial selalu menjadi senjata ampuh untuk memaksimalkan bisnis. Dengan racikan strategi yang optimal, konversi penjualan selalu punya celah untuk dioptimalkan.
Optimalisasi media sosial, atau juga dikenal sebagai SMO (Social Media Optimization), dilakukan dari cara sederhana seperti media monitoring hingga optimasi ads yang lebih kompleks yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan.
Selain itu juga bisa digunakan untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan, meningkatkan kesadaran merek, dan meningkatkan kunjungan ke website.
Lalu bagaimana cara mengoptimalkan jejaring sosial di saat mulai merintis bisnis? Simak, yuk!
Lebih Bersosialisasi di Media Sosial
Setelah kamu membuat profil media sosial di jejaring sosial tertentu, jadikan media sosial sebagai media monitoring. Luangkan waktu untuk follow orang lain, visit profil mereka, mengomentari konten, dan lain sebagainya Membangun jaringan adalah tentang berhubungan dengan orang lain dengan menjangkau mereka dan memulai hubungan baru.
Tambahkan Tombol “Share” Media Sosial di Website
Ketika salah satu pengunjung kamu menemukan beberapa informasi berguna di halaman web atau blog kamu, mereka harus memiliki opsi untuk berbagi konten dengan mudah dengan pengikut dan teman media sosial mereka. Dengan membuatnya mudah untuk menyampaikan konten kepada orang lain, peluang untuk mendapatkan lalu lintas dan keterpaparan yang relevan meningkat.
Optimalkan Profil Media Sosial
Salah satu langkah optimasi media sosial termudah adalah dengan optimalkan profil media sosial. Yaitu dengan:
- Tampilkan brand agar terlihat profesional
Menampilkan logo perusahaan di profil media sosial tidak hanya membantu dalam branding tetapi juga memastikan perusahaan kamu terlihat lebih profesional.
- Tampilkan tautan ke profil media sosial lainnya
Misalnya, jika kamu baru saja mendaftar ke Tiktok, kamu dapat memberi tahu pengikut Instagram-mu untuk memeriksa profilmu.
- Tautan ke website utama
Mulailah dengan mencantumkan URL situs kamu di bagian “tentang” di profil media sosial kamu. Selain itu, coba verifikasi profil kamu agar terlihat lebih autentik dan nyata.
- Isi setiap baris baris pertanyaan di profil media sosial
Kamu harus mengisi semua bagian profil dengan informasi yang akurat dan menambahkan deskripsi yang relevan tentang perusahaanmu. Langkah ini untuk meningkatkan keterkaitan bisnis kamu dengan sasaran bisnis, topik, dan lain-lain.
- Gunakan Kata Kunci Pencarian
Silahkan cari tahu kata kunci SEO utama kamu sehingga kamu dapat memasukkannya ke dalam profil. Selipkan kata kunci ini di mana pun yang bisa dan sesuai, mulai dari halaman profil sampai caption postingan yang kamu bagikan.
Optimalkan Konten Media Sosial
Selain membantu memperkuat hubungan dengan pelanggan yang sudah ada, konten juga akan membantu kamu terhubung dengan orang yang tidak mengenal merekmu.
Sebagai media monitoring, akses menuju konten media sosial bisa juga datang melalui mesin pencari atau fitur search dalam platform media sosial yang sama. Jadi, mengoptimalkan konten media sosial, bisa dengan melakukan hal yang sedang tren seperti:
- Gunakan konten berbasis kata kunci
- Posting yang bermanfaat dan bakal di-embed oleh orang lain
- Riset hashtag yang sesuai dan masukkan hashtag trending yang sesuai
- Hindari posting konten yang tak relevan
- Beri hal unik / ciri khas di setiap konten yang dibagikan.
Semoga artikel ini bermanfaat ya, Sisters!