Sisters, bisa dibilang sekarang ini hampir semua orang, baik kalangan muda maupun dewasa terkena demam TikTok. Aplikasi ini bisa menjadi hiburan di waktu senggang. Ada yang sebagai penonton setia saja, tak sedikit juga yang membuat ragam konten seperti, ngedance, tutorial make up atau masak, ngeshare ilmu dan lainnya.
Penggunanya yan semakin banyak tentu menjadi peluang besar bagi pelaku usaha/bisnis atau UKM untuk memanfaatkan TikTok sebagai media pemasaran produk/jasa jualannya. Dengan begitu, nama usahanya bisa dikenal masyarakat lebih luas dan jualannya laris manis dipasaran online.
Bukan di akun TikTok personal atau pribadi, ya! Melainkan kamu perlu mengalihkan ke akun TikTok For Business. Sebab, TikTok for Business ini memiliki fitur lebih lengkap khusus bisnis. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan jualanmu sehingga usaha dijamin lebih maju.
Bagi kamu yang baru saja ingin memanfaatkan TikTok fo Business, sebaiknya simak terlebih dahulu mengenai kelengkapan fitur-fitur hingga tips menggunakan Tik Tok for Business agar bisnimu viral di media sosial dan banyak pembelinya.
Simak ulasannya berikut ini, yuk, Sisters!
Fitur TikTok For Business
Setiap aplikasi pasti memiliki fitur-fitur yang bisa digunakan untuk memaksimalkan penggunaan suatu aplikasi, seperti halnya pada TikTok for Business. Sebenarnya fitur TikTok khusus bisnis ini fiturnya tak jauh berbeda dengan TikTok personal. Hanya saja, TikTok for Business terdapat tiga fitur tambahan yang spesial, antara lain:
Pelaku usaha bisa membuat hubungan interaksi atau komunikasi dengan masyarakat atau pembeli dengan cara yang unik. Selain balas komentar, ngirim pesan via DM, pelaku usaha bisa membalas pertanyaan atau komentar dengan video. Ini menjadi solusi yang unik, agar bisnis yang dijalankan bisa lebih dekat dengan konsumen.
Dengan menggunakan TikTok for Business, pelaku usaha juga bisa melihat bagaimana performance dari setiap konten yang di publish secara real time. Dengan begitu, pelaku usaha atau bagian marketing bisa mengambil keputusan untuk meningkatkan performance.
Pada aplikasi TikTok for Business ini, pelaku usaha juga bisa mengetahui apa saja yang sedang menjadi tren di kalangan pengguna TikTok. Mulai dari produk yang bisa dijual, strategi marketing, hingga konten. Dengan begitu, bagian marketing bisa meniru dan modifikasi konten tersebut dan jualanmu akan viral di tengah masyarakat.
Sebagai akun bisnis, tentunya kamu juga bisa mengiklankan konten jualanmu agar bisa menjangkau orang lebih luas lagi. Caranya:
- Pada menu profil, klik “Suite Bisnis”
- Klik “Promosi”
- Pilih video yang akan dipromosikan
- Isi berbagai pertanyaan untuk memilih target konsumen
- Ikuti langkah selanjutnya
- Edit video
- Countdown
- Stiker
- Hashtag
- Filter dan efek video
- Filter voice
- Penambah Musik
- Live
- Hapus Komen dan Blokir Pengguna
Algoritma TikTok for Business
Sama halnya dengan media sosial lainnya, TikTok for Business juga memiliki algoritma postingan. Dengan begitu, pengguna aplikasi bisa mempublish konten disaat jam tayang tinggi, sehingga kontennya bisa muncul di tampilan utama atau For You Page dan viral di tengah masyarakat.
Lantas, bagaimana algoritma TikTok for Business?
Ketika video sudah diupload di TikTok, videomu akan disebar ke sebagian kecil audiens. Kemudian, akan dilihat bagaimana performa dari konten tersebut. Jika sebagian kecil audiens menyukainya, konten tersebut akan disebar lagi ke audiens yang lebih luas. Dengan begitu, konten akan viral jika muncul di laman for you page banyak pengguna.
Faktor yang Mempengaruhi Konten Bisnis Viral di TikTok
Konten bisnis bisa jadi viral atau tidak itu juga ada faktor yang mempengaruhinya, antara lain:
Cara Membuat Akun TikTok for Business
Bagi kamu yang ingin memviralkan jualan hingga mendapat konsumen yang lebih luas lagi, berikut cara membuat akun TikTok for Business, yaitu:
Tips Bisnis Jadi Viral di TikTok for Busines
Hanya membuat akun dan memposting video biasa saja tentunya tidak memberikan efek yang signifikan pada konten bisnismu. Agar setiap video bisnis jadi viral dan menarik banyak konsumen dari TikTok for Business, kamu perlu mempelajari tips-tips berikut:
1. Membuat konten yang menarik
Konten menarik disini, kamu perlu memiliki skil editing video yang baik agar tampilan video tidak monoton. Ciptakan ide konten yang menarik dengan alur yang jelas. Gunakan filter, hashtag, hingga musik atau audio yang sedang tren. Kamu juga bisa memanfaatkan konten yang sedang viral, kemudian kamu tiru dan modifikasi.
2. Buat Challenge
Untuk menarik minat pengunjung dan pembeli bisa dengan menggunakan berbagai cara, salah satunya membuat challenge. Misalnya, challenge ngedance dengan menggunakan produk yang kamu jual dan yang paling bagus atau pemenangnya bisa mendapatkan uang tunai atau voucher belanja di tokomu. Jangan lupa kamu buat hashtag challenge, ya!
3. Kolaborasi dengan Influencer TikTok
Agar akun TikTok jualanmu semakin viral, kamu juga bisa mengajak influencer TikTok yang telah terkenal untuk kolaborasi dengan produk jualanmu. Pilihlah influencer yang sesuai dengan target konsumen kamu.
Baru memulai bisnis memang agak susah untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan tetap. Untuk itu, kamu perlu menyusun berbagai strategi marketing. Selain secara offline, pemasaran online juga menjadi diutamakan, salah satunya dengan memanfaatkan TikTok for Business.
Maksimalkan penggunaan TikTok dengan rajin mengupload konten yang berkaitan dengan jualan, mulai dari produksi, stock, packing dan sebagainya. Jangan lupa juga, asah kemampuan mengedit video, Sisters.