Sisters, sudah bukan rahasia lagi bahwa persaingan bisnis di era pandemi menjadi amat sangat ketat. Terutama bisnis online di marketplace. Hal ini disebabkan tingginya minat orang untuk belanja online, membuat pelaku usaha UMKM juga perlu memutar strategi agar bisa menarik perhatian pelanggan.
Sebuah data yang dirilis Nielsen menunjukkan sebanyak 30% responden memilih untuk lebih sering berbelanja online saat pandemi.
Nah, tingginya minat belanja online ini juga diiringi ketertarikan pembeli untuk mendapatkan rewards, Sisters. Mulai dari potongan harga, beli 1 gratis 1, bahkan bonus suvenir.
Sebuat data dari Mckinsey&Co menyebutkan bahwa pembeli online yang loyal cenderung bertransaksi dua kali lebih banyak.
Menariknya, rewards tak hanya berlaku untuk pengusaha UMKM saja, lho. Pemberian rewards dari dompet digital juga bisa membuat pelanggan jadi loyal.
"Fenomena ini sebenarnya sangat wajar. Saat ini kami juga memiliki salah satu mitra yang bergerak di industri dompet digital. Setelah mereka menjalankan sistem reward di aplikasi mereka, transaksi pengguna semakin meningkat."
"Rata-rata mitra kami telah berhasil menaikkan frekuensi transaksi sebanyak 25% dan volume transaksi 35% dalam waktu kurang lebih tiga bulan," ucap James Hamdani, CEO OttoPoint, perusahaan penyedia program loyalitas.
Namun, menurut James, lebih baik memberikan rewards yang berorientasi jangka panjang. Tawaran rewards ini bisa menarik pelanggan agar lebih setia untuk membeli produk kita.
Tapi, pastikan bahwa kamu memberikan rewards yang tidak hanya terlihat "manis" di depan, melainkan juga harus memberikan keuntungan untuk pembeli, ya.
Nah, karena hari ini bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, nggak ada salahnya berikan reward buat pelangganmu, nih. Biar mereka makin loyal sama bisnismu!