Sisters, mungkin kamu pernah tahu kontes kuis atau giveaway yang memberikan hadiah berupa produk secara gratis dengan jumlah yang fantastis. Mungkin kamu pernah berpikir membagi-bagikan produk secara gratis akan membuat bisnis mengalami kerugian. Apalagi nilai produk yang dijadikan hadiah cukup besar.
Hal ini bisa saja membuat orang banyak mengira bahwa daripada membagikan produk secara gratis, lebih baik digunakan sebagai biaya periklanan. Tapi sebenarnya, kerugian atas pemberian produk secara gratis tersebut belum tentu terjadi, Sisters.
Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan membagi-bagikan produk secara gratis, diantaranya sebagai berikut:
1. Meningkatkan Awareness
Sebagai produk baru, banyak orang yang belum pernah kenal atau melihat bahkan menggunakan produkmu.. Dengan membagi sampel produk secara gratis, mereka dapat menggunakan dan merasakan secara langsung produk. Saat itu mereka akan membuat sebuah penilaian terhadap produk dan tentu memahami produk dengan baik.
Konsumen selanjutnya akan memutuskan untuk membeli produk kita untuk pertama kalinya atau meninggalkannya. Untuk itu, meskipun hanya produk sampel, berikan produk terbaik kita agar mereka jatuh hati pada saat menggunakannya pertama kali.
2. Menciptakan Perasaan Timbal Balik
Mengawali bisnis baru dengan membagi produk sampel gratis bukan hal yang merugikan. Biasanya akan muncul timbal balik ketika memberi sampel produk ke konsumen. Apabila konsumen tidak cocok namun tertarik dengan produk kita, konsumen itu akan merekomendasikan produk ke orang lain. Tentu mereka juga merasa beruntung karena mendapat penghargaan sebuah produk hadiah.
3. Mendapat Feedback dan Review
Produk sampel yang kita berikan kepada konsumen secara cuma-cuma akan berbuah feedback yang baik untuk kelangsungan bisnis kita. Mereka secara sukarela akan memberi masukan bahkan kita juga mendapatkan testimonial dari penggunaan produk kita, yang bisa kita tampilkan di halaman website kita. Belum lagi kalau ternyata orang yang kita beri sampel adalah blogger, youtuber, vlogger, atau malah selebgram, yang dampaknya kita terbantu untuk mempromosikan produk kita secara tidak langsung kepada pembaca atau viewers media mereka.
4. Mengetahui Produk yang Potensial
Apabila berencana menjual beraneka macam jenisnya, maka dengan memberikan sampel produk ke konsumen, kita akan mengetahui produk yang diminati banyak orang. Akhirnya kita dapat menyimpulkan dan memprediksi produk yang akan laris di pasaran nantinya. Sehingga terhindar dari kesalahan terlalu banyak bahan baku untuk produk yang ternyata tidak banyak peminatnya.
5. Optimalkan Sosial Media
Pada umumnya, segala hal yang gratisan itu sangat diminati dan cepat menyebar informasinya. Agar makin optimal pemanfaatan media sosial ini, bisa juga menggunakan layanan iklan seperti Facebook Ads dan sebagainya.
6. Meningkatkan Penjualan
Jika kita dapat memberi produk terbaik yang utuh sebagai sampel, secara tidak langsung konsumen akan meresponnya dengan positif. Mereka akan terpicu rasa senang sehingga tidak segan untuk menyebar promosi kepada teman-temannya. Sambutan yang hangat ini tentu membangun dampak positif terhadap penjualan.
Metode memberi sampel produk gratis memang strategi yang jitu untuk meningkatkan pendapatan saat mengawali bisnis. Namun, perlu juga diperhitungkan baik-baik tingkat efektivitas jumlah atau nilai produk yang diberikan dengan potensi profit yang didapatkan. Meski dengan pertimbangan, tapi anggaplah pemberian sampel produk ini sebagai bentuk pemberian untuk membuat orang lain senang, karena setiap perbuatan positif akan berbalik kepada hal yang positif pula, Sisters.