Di era pandemi seperti sekarang ini, kinerja di kantor bisa kapan saja menurun. Terlebih jika awalnya kamu harus work from home (WFH) lalu kamu harus kembali ke kantor, menuntutmu untuk melakukan adaptasi lagi.
Sebenarnya, kondisi kinerja menurun bukan hanya menyulitkan karyawan, tapi juga team leader dan atasanmu. Untuk itu, semua personil hendaknya saling bahu membahu meningkatkan jika ada anggota tim yang menurun produktivitasnya.
Mengutip dari Forbes, berikut ini yang bisa dilakukan oleh kamu para team leader dalam membantu mendongkrak kinerja karyawan. Simak, yuk!
1. Mengadakan meeting untuk evaluasi ulang
Buatlah sebuah rapat untuk memeriksa ulang mengenai kebutuhan harapan anggota tim. Lalu, diskusikan apakah harapan tersebut dapat memenuhi kebutuhan tim dan seperti apa dampaknya.
Usahakan agar kamu sebagai pimpinan, terlebih dulu menanyakan kesiapan anggota tim sebelum mengajak mereka untuk mengadakan pertemuan. Pilihlah waktu yang tepat di mana setiap anggota tidak berhalangan dan siap secara mental untuk mengikuti rapat.
2. Gunakan agenda pada setiap rapat
Kendati sudah memiliki agenda, seringkali tidak sesuai dengan rencana. Jadi, sebisa mungkin siapkan lebih dari satu agenda yang setidaknya bisa dibahas bersama.
Usahakan topiknya juga menarik bagi anggota tim, sehingga bisa meningkatkan produktivitas mereka. Jangan lupa di akhir setiap pertemuan, kamu dan tim bisa langsung mengagendakan pertemuan berikutnya.
3. Menetapkan kerangka tujuan yang ingin dicapai
Sebuah tim sebaiknya memang memiliki kerangka hasil atau tujuan yang ingin dicapai. Dengan begitu, setiap anggota punya dorongan untuk bergerak demi mencapai tujuan yang sama.
Pimpinan perlu menetapkan tujuan tersebut, sehingga anggota tim bisa menentukan langkah-langkah yang tepat untuk mencapainya. Biarkan anggota tim memutuskan cara terbaik bagi mereka, supaya mood mereka meningkat.
4. Latih anggota tim untuk mengatur waktu mereka sendiri
Setiap orang punya jam-jam produktif yang berbeda, tak terkecuali para anggota timmu. Untuk itu, tak perlu memaksakan mereka harus menyelesaikan satu tugas secara bersamaan di waktu tertentu. Biarkan mereka mengatur waktunya sendiri untuk merampungkan tugas masing-masing. Kamu cuma perlu menetapkan deadline, dan serahkan selebihnya kepada anggotamu. Karena waktu kerja yang fleksibel juga dapat meningkatkan produktivitas kerja, lho, Sister!
Semoga dapat membantu, ya!