Sisters, bagi setiap pebisnis, inovasi produk tentu menjadi istilah yang tidak boleh dilupakan. Pasalnya, inovasi produk adalah suatu aktivitas yang sangat signifikan memengaruhi tingkat kemungkinan atau potensi sebuah bisnis untuk bisa berkembang dan meraih kesuksesan.
Inovasi produk mutlak dibutuhkan dalam berbisnis agar dapat mengembangkan dan menciptakan lebih banyak manfaat serta dampak positif bagi kinerja sebuah usaha. Tak hanya bisnis yang menjajakan sebuah produk, bisnis yang bergelut di bidang jasa juga pasti membutuhkan inovasi agar mampu menggaet konsumen lebih banyak dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
Oleh karena itu, bagi kamu yang mungkin belum memahami betul apa itu inovasi produk dan tujuannya dalam sebuah bisnis, simak penjelasannya berikut ini, yuk!
Berdasarkan Undang-Undang No.19 tahun 2002, inovasi produk dijelaskan sebagai sebuah rangkaian pengembangan melalui penerapan ilmu pengetahuan serta teknologi pada sebuah produk. Terjadinya inovasi produk ini pun bisa disebabkan oleh sejumlah hal, antara lain adalah hasil dari feedback atau masukan dari konsumen, kombinasi dari hal-hal yang sudah ada sebelumnya, sampai munculnya penemuan baru.
Aktivitas ini wajib dilakukan secara terus menerus agar produk dapat selalu dikembangkan. Dengan begitu, kualitas produk akan mengalami peningkatan hingga akhirnya mencapai pada sebuah kesempurnaan.
Tujuan dari inovasi produk
Dengan melakukan inovasi, terdapat beberapa tujuan yang ingin diraih oleh pengusaha, antara lain:
- Tingkatkan kualitas dan daya tarik produk
Seiring perjalanan waktu dan perkembangan zaman, sebuah barang yang telah lama diciptakan akan menjadi semakin usang. Alasannya karena kebutuhan konsumen di masa sekarang tak lagi mampu dipenuhi oleh produk tersebut secara optimal.
Inovasi produk juga mampu memberikan tambahan fitur yang mampu meningkatkan daya tarik produk. Sebuah barang atau jasa yang memiliki kelebihan atau fitur baru pasti akan lebih mengungguli produk lain yang stagnan dan pasti digandrungi oleh lebih banyak konsumen.
- Memenuhi kebutuhan konsumen
Konsumen tentu akan terus menuntut produsen atau pemilik usaha untuk senantiasa memperbaiki kualitas produknya agar kebutuhan konsumen terpenuhi dengan lebih maksimal. Tuntutan dari konsumen inilah yang memaksa pengusaha untuk selalu melakukan inovasi produk.
Misalnya, bisnis kuliner bisa berinovasi dengan menawarkan produk secara online melalui berbagai platform.
- Ciptakan gebrakan baru pada pasar
Melalui inovasi, pebisnis juga mampu menciptakan gebrakan baru di pasaran atau bahkan menciptakan pasar yang baru.
Tidak selalu mengacu pada penambahan fitur dan peningkatan kualitas, inovasi juga dapat dilakukan dengan cara mengurangi beberapa fitur untuk dapatkan kelebihan lainnya. Sebagai contoh inovasi produk, tak jarang pabrik ponsel yang mengurangi kapasitas memori atau kualitas kamera agar harga jual produknya menjadi lebih terjangkau. Dengan begitu, produk tersebut akan mampu memasuki pasar konsumen baru yang mengincar ponsel dengan harga lebih ramah kantong.
- Bantu kembangkan serta aplikasikan wawasan dan kemampuan
Pengusaha akan berupaya untuk mengaplikasikan pengetahuan dan kemampuan pada produknya. Jika ternyata masih belum membuahkan hasil sesuai ekspektasi, pemilik usaha tentu harus menambah lagi wawasannya dari berbagai sumber dan terus melakukan eksperimen yang diperlukan.
- Gantikan layanan atau produk yang out of date
Kamu pasti pernah menjumpai sebuah produk atau layanan yang tiba-tiba tidak lagi diproduksi oleh sebuah bisnis. Hal ini karena pemilik bisnis merasa produk tersebut sudah usang dan tak lagi mampu bersaing dengan produk kompetitor atau tak menarik minat beli target konsumennya secara efektif dan menguntungkan. Alasan lainnya mungkin karena memang pemilik bisnis tersebut telah melakukan inovasi produk serupa dengan kemasan yang lebih menarik dan menggugah daya beli.
- Menjadikan produk lebih efisien
Dengan inovasi, produk akan mampu melakukan perannya dengan lebih tepat sasaran dan tidak membuang banyak waktu. Selayaknya aplikasi ojek online yang tidak hanya menawarkan layanan antar jemput penumpang, kini memiliki berbagai fitur tambahan seperti antar makanan, antar belanja, dan lain sebagainya.
Manfaat inovasi produk bagi bisnis
Manfaat inovasi produk adalah untuk memastikan bisnis tetap kompetitif dan secara tak langsung bermanfaat dalam meningkatkan nilai atau value dari perusahaan pembuatnya. Dengan terus melakukan inovasi, seorang pengusaha akan lebih berpotensi untuk mengalahkan para kompetitor bisnisnya.
Selain itu, melalui inovasi, sebuah produk akan lebih dikenal oleh target konsumennya dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.
Inti dari inovasi produk pada dasarnya adalah untuk memastikan bahwa sebuah bisnis mampu bertahan di tengah persaingan industrinya. Inovasi produk bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari, meningkatkan kualitas produk secara umum sesuai dengan kebutuhan pasar, meningkatkan pelayanan bisnis, dan lain sebagainya. Tujuannya tidak lain agar bisnis tersebut tak ditinggalkan oleh para pelanggannya sehingga tetap mampu menghasilkan penjualan dan keuntungan sesuai dengan harapan.