Sisters, pernahkah kamu membeli suatu produk bukan karena visualnya yang bagus, tetapi kamu tertarik dengan bahasa penawaran yang diberikan?
Katakanlah produk tersebut hanya difoto pakai kamera handphone. Tidak menggunakan filter apapun. Namun, karena penjual memberikan penawaran yang menarik maka kamu tertarik untuk membelinya.
Misal, si penjual menawarkan bonus, menjelaskan kelebihan, memberikan garansi dan sebagainya. Nah, semua itu masuk ke dalam sebuah ilmu kata-kata alias copywriting.
Copywriting memang berpotensi meningkatkan penjualan jasa maupun produk. Pertanyaannya, bagaimanakah strategi membuat copywriting yang menarik minat konsumen?
Nah, saatnya kita ngobrol-ngobrol bareng sama salah satu ahlinya nih. Namanya Siauw Andreas. Beliau adalah salah seorang copywriter yang tinggal di Surabaya.
Di media sosialnya, Bro Siauw seringkali membagikan tips atau cara yang bisa kita gunakan untuk menyusun copywriting jualan kita, lho, Sisters! Tak hanya itu saja, Bro Siauw ini juga membagikan rahasia dalam mebuat content marketing yang pas untuk bisnis kita, lho.
Mau tahu bagaimana keseruan obrolan Sisternet dengannya? Simak artikel Man of The Month berikut ini, yuk!
Q: Bagaimana dulu awalnya bisa terjun ke dunia copywriting?
A: Jadi, saya mulai jualan online dan secara tidak langsung menggunakan ilmu Copywriting ini pada tahun 2013. Menariknya, saya nggak sadar bahwa itu yang dinamakan Copywriting. Alhasil, saya mulai memutuskan untuk mendalaminya pada tahun 2020 kemarin.
Q: Menurut Siauw apa yang menarik dari copywriting itu?
A: Menurutku yang menarik dari copywriting itu adalah, cara kamu menentukan sudut pandang dan kebebasan kamu untuk menulis sebuah Copy.
Q: Bagaimana mencari ide dalam membuat konten copywriting?
A: Dalam mencari ide membuat konten copywriting, kamu harus mengetahui siapa target market kamu, dan apa yang mereka butuhkan. Sering observasi, riset media sosial kompetitor dan target market.
Q: Teknik atau tips apa saja yang jitu untuk melakukan copywriting?
A: Ada satu formula yang dipakai dari tahun 1898 hingga sekarang. Nama formulanya adalah AIDA. AIDA itu singkatan dari, Attention, Interest, Desire, Action.
Attention itu adalah, bagaimana cara kamu bisa menarik perhatian mereka dengan memaksimalkan headline dan visual dalam copywriting kamu.
Nah, setelah kamu berhasil menarik perhatian mereka, di sinilah fase interest diperlukan. Bagaimana kamu membangkitkan minat mereka untuk mau membaca lebih lanjut. Bisa dengan memberikan data, fakta atau informasi.
Kemudian Desire, jika interest tadi lebih menyentuh logika, di bagian desire ini kamu lebih fokus ke emosional. Caranya adalah dengan memberikan manfaat dan membuat mereka membayangkan dan merasakan, akan menjadi seperti apa mereka setelah menggunakan produk/jasa kamu.
Dan langkah yang terakhir adalah Action. Hal apa yang kamu ingin mereka lakukan.
Tips dari saya adalah, sering praktik untuk menulis Copy. Karena practice makes perfect.
Q: Flow atau step dalam membuat copywriting..
A: Yang kamu harus lakukan antara lain:
-Riset dan buatlah buyer persona.
-List fitur dan manfaat produk kamu.
-Paham media menulis copy/medan perangnya.
Q: Pesan untuk para Sisters yang ingin mendalami teknik copywriting lebih jauh lagi, khususnya untuk keperluan promosi bisnisnya…
A: Selain kamu harus paham 3 fundamental tadi, cobalah untuk sering-sering membaca dan mengamati Copywriting/tulisan orang lain. Karena dengan kamu mengamati tulisan mereka, kamu secara tidak langsung juga belajar bahasa dan kata-kata apa yang mereka gunakan saat menulis Copy.
Dan tidak hanya itu, sebaiknya kamu juga bisa membaca data dan mengetahui tujuan kamu menulis Copy. Karena bagus/tidaknya Copywriting yang kamu buat itu ditentukan oleh tercapai tidaknya hasil yang kamu inginkan.
Nah gimana Sisters, seru kan ngobrol bareng Bro Siauw Andreas? Selalu nantikan kisah-kisah inspiratif dari Man of The Month pilihan Sisternet berikutnya dengan mengunduh aplikasi Sisternet melalui link ini: https://linktr.ee/sisternet.
Yuk, kita sama-sama menuju perempuan Indonesia #JadiLebihBaik, Sisters!
Foto: Instagram / @siauwandreas