Sisters, kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan aplikasi TikTok, kan? Nah, TikTok sekarang sudah bisa kita jadikan tempat berjualan online juga, lho!
Tapi, tentunya tanpa konten menarik, rasanya sulit juga untuk bersaing, Sisters. Nah, di bulan Ramadhan 2021 ini, platform distribusi video singkat TikTok membagikan hasil survei yang dilakukan terhadap ratusan pengguna TikTok. Laporan "TikTok Ramadhan Insight 2021" itu bertujuan memberikan referensi bagi UKM.
Tren ini terlihat dari Ramadhan tahun lalu, di mana terdapat 29% peningkatan engagement selama bulan tersebut dibandingkan rata-rata harian. Di tahun ini, sebanyak 96% pengguna TikTok menyatakan ingin lebih aktif di platform online dan akan mengunggah konten dalam platform digital selama bulan Ramadhan nanti dengan berbagai konten tren, seperti kebersamaan bersama keluarga juga teman-teman. Selain itu, 1 dari 3 pengguna juga sudah merencanakan akan membeli lebih banyak makanan dan kudapan secara online di bulan ramadan ini.
"TikTok Ramadhan Insight 2021" juga menyoroti berbagai jenis konten yang dapat dimanfaatkan brand atau UKM untuk menarik audiens baru. Berdasarkan survei, tahun ini sebagian besar pengguna menantikan konten religi.
Begitu juga konten soal makanan, informasi terbaru dari keluarga dan kerabat, konten keseharian, serta fesyen dan kecantikan. Ini dapat dijadikan inspirasi dan rekomendasi untuk menemukan produk-produk yang diinginkan pengguna.
Head of Business Marketing TikTok Indonesia Sitaresti Astarini mengatakan, hasil survei secara umum memperlihatkan bahwa pengguna TikTok di Indonesia tetap aktif dan bersemangat berbagi cerita di tengah segala keterbatasan. Mereka berusaha memberikan arti kebersamaan, terutama di masa pandemi.
"Mereka menikmati dan berbagi kebahagiaan melalui konten-konten yang informatif, inspirasional, menghibur, dan yang terpenting, relevan atau relatable,” jelas Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia.
Jika dilihat dari survey, banyak orang menantikan konten berhubungan dengan religi, makanan, konten keseharian, fesyen, dan juga kecantikan. Wah, ini tentu saja kan membantumu dalam memasang strategi pemasaran, ya, Sisters! Sebab, adanya kebutuhan konten ini tentu akan membantu para audiens mencari rekomendasi produk yang mereka butuhkan.
Menurut TikTok, brand bisa mengoptimalkan platform mereka untuk mendapatkan pelanggan dengan cepat. Sebab, pengguna TikTok di Indonesia pun sangat reseptif terhadap iklan, di mana 90%-nya mengaku mengambil tindakan lanjutan.
Sumber: republika.co.id