Hai Sisters! Salah satu strategi pemasaran yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis online adalah newsletter email. Strategi yang satu ini terbukti cukup menarik perhatian banyak pelanggan. Sesuai dengan fungsinya, newsletter email memang tergolong ke dalam kategori email marketing atau email pemasaran. Jenis email ini banyak digunakan oleh brand ternama. Bukan hanya brand produk, tetapi juga brand jasa atau berita.
Ingin tau lebih lanjut tentang newsletter email? Simak serba-serbinya di bawah ini yuk, Sisters!
Apa itu newsletter email?
Jenis email ini adalah email yang diterima pelanggan ketika mereka mengikuti website kita. Kita juga bisa mengirimkan email promosi secara berkala ke akun-akun email mereka. Walaupun namanya adalah email promosi, isi email tidak selalu berupa tulisan hard selling, kok! Bisa juga berisi tulisan-tulisan soft-selling.
Yang perlu disiapkan sebelum menerapkan strategi pemasaran dengan email
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa newsletter email adalah email yang diterima pelanggan ketika mereka mengikuti website kita, maka sudah jelas bahwa website adalah hal yang wajib dimiliki sebelum membuat newsletter email. Sebelum kamu berniat membuatnya, pastikan dulu kamu sudah memiliki dua hal ini:
1. Website
Jenis email ini akan diterima pelanggan ketika mereka mengikuti atau subscribe website kamu. Bukan hanya website bisnis, website pribadi seperti blog berisi self journal juga bisa menggunakan strategi ini, lho. Kamu juga bisa menerapkannya di website yang kamu kelola, Sob. Kamu bisa membuat newsletter email selama kamu memiliki website.
Misalnya nih kamu punya blog yang berisi informasi-informasi seputar anime, kamu juga bisa membuat email ini untuk para pembaca blog kamu. Kamu bisa menjangkau lebih banyak pembaca setia jika menerapkan strategi menggunakan email ini. Kamu juga bisa menjadi freelance yang berkaitan dengan hobi kamu. Contohnya freelance penerjemah anime-anime terbaru. Penghasilannya lumayan lho, Sisters!
2. Email
Nah, Sisters, hal kedua yang wajib kamu siapkan adalah email. Kamu nggak akan bisa mengirimkan email ini ke pelanggan jika kamu belum memiliki email. Akan lebih baik kalau kamu menggunakan email bisnis, bukan email gratis seperti Gmail. Kenapa? Agar branding websites kamu bisa lebih kece.
Bagaimana cara membuat newsletter email yang baik?
Setelah menyiapkan dua hal tadi, sekarang kamu sudah bisa membuat newsletter email. Ada beberapa kriteria yang sebaiknya dipenuhi. Beberapa kriteria tersebut adalah:
Ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba, Sisters! Tips dan trik ini bisa membuat newsletter email kamu jadi lebih oke, lho. Mau tahu? Ini dia:
Pakai email bisnis, bukan email gratis
Pastikan kalau kamu menggunakan email bisnis ya, Sisters! Jangan sampai kamu menggunakan email yang gratis. Branding bisnis kamu akan terancam kalau email yang kamu gunakan adalah email gratisan.
Gunakan Mailchimp
Logo si monyet kuning ini bisa memudahkan proses pembuatan newsletter email kamu, Sisters! Caranya juga gampang banget. Kamu bisa cari tahu cara menggunakannya melalui google.
Gunakan visual yang bagus
Salah satu kemudahan yang bisa kamu nikmati jika menggunakan Mailchimp adalah template email yang beragam. Visual yang cantik bisa menarik minat banyak pelanggan.
Penuhi 4 kriteria newsletter email yang baik
Agar strategi pemasaran ini bisa berjalan dengan maksimal, pastikan kamu sudah memenuhi empat kriteria newsletter yang baik ya, Sisters!
Cek dan recheck
Ini juga penting. Cek dan cek lagi sebelum kamu menyebar email. Pastikan tidak ada kesalahan dalam email tersebut.
Gimana, jadi lebih paham bukan? Yuk, cobain!
Sumber artikel: jagoanhosting.com