Sisters, antara blog dan podcast sebenarnya sama-sama bisa memberikan keuntungan.
Blog dan kegiatan blogging memang sudah dikenal cukup lama. Meski begitu, sampai saat ini blog tetap berfungsi sebagai pendukung bisnis.
Sedangkan podcast baru mulai dikenal dalam beberapa tahun terakhir. Namun, kepopulerannya tak perlu dipertanyakan lagi.
Menurut hasil wawancara Katadata terhadap 15 orang berusia 20-40 tahun, rupanya diketahui bahwa sebesar 93,3% narasumber merupakan pendengar setia podcast. Selain itu, kepopuleran podcast juga dibuktikan dari jumlah pendapatan iklan secara global yang akan tembus 1 miliar dolar AS atau sekitar 14 triliun rupiah.
Jelas terlihat bahwa baik blog atau podcast masing-masing memiliki kelebihan. Tapi yang, sih, yang lebih baik untuk bisnis? Eits, sebelumnya, kamu harus tahu dulu, nih, apa manfaat dari blog dan podcast bagi bisnismu!
Manfaat blog untuk bisnis
- Menarik pelanggan baru
Tidak mudah untuk menarik pelanggan baru. Apalagi jika brand tidak mempersiapkan sebuah strategi marketing yang baik. Namun, dengan konsisten memberikan artikel yang informatif di blog, rupanya bisa menjadi salah satu cara paling ampuh untuk menarik pelanggan baru. Hal itu juga dikuatkan dengan pernyataan dari Search Engine Journal. Mereka menyebutkan bahwa blog yang memiliki artikel informatif akan lebih mudah mendatangkan audiens baru.
- Menambah prospek
Manfaat blog untuk bisnis yang selanjutnya adalah untuk menambah prospek atau lead. Semakin banyak prospek yang potensial, tentunya bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya konversi. Rupanya saat sebuah brand memiliki blog yang konsisten memberikan informasi yang menarik, hal itu juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan prospek.
Manfaat podcast untuk bisnis
- Membantu tingkatkan brand awareness
Bagi sebuah brand yang masih baru tentunya brand awareness adalah hal yang harus diperhatikan. Podcast bisa menjadi salah satu konten yang bisa dimanfaatkan oleh brand untuk meningkatkan brand awareness. Jika konten yang disajikan bisa menarik perhatian audiens, maka tidak heran jika mereka akhirnya menjadi lead dan bahkan melakukan konversi.
- Meningkatkan hubungan dengan pelanggan
Apalagi jika brand berhasil menyajikan konten yang sesuai dengan target audiens, tentunya pelanggan pun bisa lebih terkoneksi. Jadi setelah pelanggan suka mendengarkan podcast yang disajikan, mereka bisa lebih percaya terhadap brand. Jadi, hubungan yang dekat pun bisa dijalin dengan lebih baik.
Nah, setelah membaca penjelasan di atas, tentunya kamu sudah tahu bahwa membandingkan blog vs podcast memang cukup sulit jika dilihat dari sisi bisnis. Pasalnya, kedua hal tersebut memiliki kelebihannya masing-masing yang bisa berdampak baik untuk perkembangan bisnis.
Namun menurut HubSpot ada beberapa pertimbangan sebelum memilih menggunakan blog atau podcast. Berikut ini penjelasannya:
1. Ketahui kemampuan tim pemasaran
Membuat konten yang berkualitas untuk blog atau podcast bukanlah hal yang mudah. Selain harus menarik, tentunya konten juga harus selalu konsisten. Jadi, pertama-tama lihat dahulu seperti apa kemampuan tim yang dimiliki. Jika mereka lebih cenderung suka membuat artikel tertulis, tentu blog lebih cocok. Namun, jika mereka suka berinteraksi dengan orang lain lewat obrolan, tentunya podcast adalah pilihan yang tepat.
2. Sesuaikan dengan tools yang dimiliki
Jika ingin membuat blog, tentunya tools CMS (Content Management System) haruslah dimiliki terlebih dahulu. Sementara itu, jika ingin memproduksi podcast pastikan sudah siap semua tools yang diperlukan mulai dari proses perekaman hingga pemasarannya.
3. Pahami persaingan konten
Sebelum memutuskan untuk memilih blog atau podcast, sebaiknya pahami dahulu seperti apa persaingan konten di luar sana. Dengan memahami seperti apa konten yang sedang tren tentunya akan lebih mudah dalam membuat konten yang engaging bagi audiens.
Jadi, Sisters, sebenarnya baik blog atau podcast sama-sama dapat meningkatkan jangkauan pemasaran dan memelihara hubungan baik dengan pelanggan, karena kedua hal tersebut memang memiliki dampak positif bagi perkembangan bisnis.
Hal itulah yang juga menjadi alasan mengapa saat ini tidak sedikit brand yang menggunakan kedua hal tersebut sekaligus sebagai bagian dari strategi pemasaran.
Kalau kamu, menggunakan blog atau podcast untuk memasarkan bisnismu, Sisters? Share, yuk, di Sisternet!