Hai Sisters! Apakah kamu pernah mendengar istilah bisnis cloud kitchen atau usaha dapur online?
Pasti kamu sudah pernah membeli makanan via aplikasi online. Nah, aktivitas tersebutlah yang terjadi dalam jenis bisnis yang satu ini.
Sekarang, usaha dapur online sudah sangat terkenal dan tidak sedikit dari masyarakat Indonesia bahkan seluruh dunia yang sering menggunakan jasa dari bisnis makanan dan minuman online ini.
Jenis usaha yang satu ini pun memiliki prospek yang sangat menjanjikan di masa depan. Cloud kitchen diperkirakan akan menjadi suatu usaha yang akan bernilai ratusan milyar rupiah pada tahun 2023.
Banyaknya keuntungan ini disebabkan oleh meningkatnya permintaan dari masyarakat terhadap jasa antar/jemput. Dengan ini, permintaan terhadap jasa food delivery pun ikut meningkat.
Supaya bisa dikenal oleh kalangan umum, sebuah bisnis perlu mengadakan promosi atau marketing agar bisa dikenal oleh masyarakat dan juga mendapatkan perhatian para calon pembeli.
Beberapa usaha pun sering dilakukan oleh para pebisnis. Di antaranya adalah menyebarkan selebaran atau memasang iklan di beberapa billboard.
Untuk usaha dapur online, beberapa strategi khusus harus dikerahkan. Penasaran dengan strategi-strategi ini? Makanya baca terus artikel ini!
1. Maksimalkan Media Sosial dari Bisnismu
Di era modern ini, sudah banyak perusahaan yang menggunakan media sosial untuk dijadikan sebagai ladang promosi atau marketing untuk bisnis mereka.
Tak sedikit akun bisnis di beberapa media sosial yang dibuka, termasuk usaha yang menyediakan jasa dapur online.
Dalam era dimana semua orang bisa terhubung melalui internet, tidak heran jika melihat banyak bisnis yang sukses melalui strategi marketing yang menggunakan media sosial.
Jika kamu tertarik untuk mengeksekusi strategi marketing ini, Anda harus berusaha untuk membuat kehadiran akun media sosial bisnismu stand out.
Ini bisa dilakukan dengan beberapa inisiatif seperti memberikan hadiah kepada mereka yang mengikuti akun bisnismu di seluruh media sosial yang dimiliki atau yang sering disebut dengan giveaway, atau mengadakan diskon bagi mereka yang membagikan informasi media sosial usaha Anda di akun pribadi mereka.
Atau, kamu bisa melakukan promosi melalui para figur yang terkenal dalam dunia media sosial. Dengan bantuan mereka dalam promosi beserta dengan media sosial dari bisnismu sendiri yang aktif, pelanggan akan tertarik untuk mencoba produkmu.
2. Program “Loyalty”
Setelah seorang pelanggan melakukan transaksi pertama mereka, tentu kamu ingin mereka menjadi pelanggan tetap agar bisnismu pun memiliki penghasilan yang lebih banyak lagi.
Untuk membuat para pembeli tertarik untuk melakukan pembelian lagi, kamu juga harus memberikan sesuatu yang menarik.
Di sinilah taktik marketing dengan menggunakan program loyalty ini akan sangat berguna. Program loyalty dalam dunia bisnis adalah sebuah hadiah bagi para customer untuk membuat mereka tertarik dalam melakukan pembelian kedepannya nanti.
Layaknya sebuah umpan saat memancing. Dengan menerapkan strategi marketing ini, bisnismu dijamin akan memiliki banyak pelanggan yang selalu setia untuk membeli dan menggunakan jasamu.
3. Buatlah Website yang Menarik dan Informatif
Karena bisnis cloud kitchen adalah sebuah usaha yang dijalankan secara online, maka semua platform online kamu harus juga dimaksimalkan.
Dalam membuat situs web, kamu harus memastikan bahwa situs yang didirikan memiliki dua elemen: menarik dan informatif.
Dua hal ini sangatlah penting dan saling melengkapi satu sama lainnya. Website kamu harus memiliki informasi yang lengkap dan dirangkum dengan Bahasa yang dapat dimengerti oleh para pengunjung.
Ini karena orang yang mengunjungi situs bisnismu ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang usaha dapur online yang kamu jalani, mulai dari cara pemesanan, menu yang disajikan, promo yang ada, dan informasi lainnya.
Ini juga sangat penting karena jika pengunjung situs web yang tertarik untuk melakukan transaksi tidak mendapatkan informasi yang mereka inginkan, bisa saja mereka membatalkan keinginan mereka.
Juga, membuat situs web bisnis yang menarik bisa membuat para pengunjung tidak bosan sembari membaca informasi mengenai bisnismu.
Menginvestasikan danamu untuk membangun website bisnis akan sangat menguntungkan usaha cloud kitchen yang dijalani.
4. Menu Spesial nan Menggiurkan
Ini adalah hal yang sangat dasar bagi bisnis dapur online, namun mengorganisir menu makanan/minuman yang siap diantar kepada para pembeli adalah hal yang tak kalah pentingnya.
Mempunyai pilihan produk yang unik bisa menjadi salah satu alternatif bagimu untuk menjalankan strategi marketing bisnis.
Untuk membuat strategi ini berhasil, kamu harus selalu mencoba untuk berpikir di luar zona nyaman dan coba untuk memikirkan menu yang jarang bahkan belum pernah disajikan restoran atau rumah makan lainnya.
Setelah itu, berikan nama yang unik agar supaya pada saat dipajang dalam menu via website bisnis, media sosial, atau media lainnya, nama tersebut akan selalu diingat oleh orang lain.
Dengan kombinasi menu dan nama yang unik, orang-orang yang melihatnya tentu akan tertarik untuk mencoba produk bisnismu.
Bisa saja makanan/minuman spesial tersebut menjadi sensasi internet yang viral. Namun ingat: kreatif boleh, tapi jangan sampai memiliki unsur yang negatif.
5. Great Review is Important!
Sebelum kamu memesan kamar di sebuah hotel atau makan di sebuah restoran, tentunya Anda mencari reviews atau ulasan dari internet mengenai tempat yang akan kamu kunjungi.
Bisa dibilang, ulasan tersebut mempengaruhi keputusan Anda dalam memesan hotel atau makanan di restoran tersebut.
Didukung dengan adanya media ulasan online dimana semua orang bisa me-review bisnismu, ini bisa menjadi sebuah kesempatan bagimu untuk menjalankan strategi marketing bisnis.
Dengan memiliki ulasan yang positif, orang yang membacanya bisa saja tertarik untuk mencoba produk dari bisnismu.
Namun, ini bukan sesuatu yang bisa kamu beli secara gampang. Ulasan adalah sesuatu yang akan terjadi secara organik. Jadi untuk mendapatkan reviews yang bagus, kamu juga perlu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi customer bisnismu.
Jangan khawatir jika kamu mendapatkan ulasan yang tidak baik. Kamu bisa langsung menanyakan alasan mereka memberikan ulasan yang buruk.
Jangan lupa, cobalah untuk memperbaiki kesalahan yang disampaikan oleh pembeli tersebut. Ini menunjukkan bahwa bisnismu selalu berusaha untuk memberikan pengalaman yang terbaik bagi para pelanggannya.
Itulah rahasia-rahasia kesuksesan dalam menjalankan strategi marketing bagimu yang sedang atau ingin menempuh bisnis cloud kitchen. Semoga setelah membaca artikel ini kamu mendapatkan informasi yang bisa digunakan dalam usahamu, Sisters.