Tren tempat usaha Instagramable kini makin menjamur. Hal ini tidak lepas dari semakin banyaknya pengguna aktif Instagram di Indonesia.
Keinginan untuk mengabadikan momen seru dan mengunggahnya ke Instagram pun membuat orang-orang kini berlomba-lomba mencari tempat yang kece buat dipajang di Instagram Feed. Mulai dari cafe, restoran, mal, taman kota, hingga tempat wisata alam. Tren ini menandakan kebutuhan akan tempat Instagramable cukup tinggi di Indonesia.
Sebenarnya apa sih saja manfaat lokasi jualan yang Instagramable bagi pebisnis? Simak, yuk!
Memiliki lokasi usaha yang Instagramable juga mendatangkan banyak manfaat bagi kamu para pebisnis, yaitu:
1. Marketing gratis dari pengunjung
Instagram memiliki fitur geotag yang memungkinkan setiap foto dicantumkan lokasi pengambilan gambarnya. Jika semakin banyak yang berfoto dan mengunggahnya ke Instagram, maka semakin banyak pula orang yang mengetahui bisnismu. Dengan demikian, kamu bisa menghemat biaya marketing pun untuk mempromosikan bisnismu.
Selain itu, jika mereka merasa senang setelah berkunjung ke tempatmu, mereka juga tak akan ragu untuk merekomendasikannya ke teman dan keluarganya. Rekomendasi dalam lingkup kecil seperti inilah yang lebih sering mendorong orang lain untuk datang ke suatu tempat atau membeli suatu produk.
2. Mendatangkan konsumen dan menciptakan cuan
Promosi gratis yang kamu terima dari para pengunjung yang berfoto pun akan terkonversi menjadi konsumen yang datang ke tempatmu. Dengan demikian, pendapatan bisnismu pun akan meningkat cukup signifikan. Selain itu, seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, minat konsumen yang memburu tempat-tempat Instagramable cukup tinggi. Jadi, jika mereka suka dengan apa yang mereka lihat di Instagram, pasti mereka juga akan tergerak untuk dan merasakannya langsung.
3. Kesempatan untuk monetisasi
Kini sudah ada beberapa tempat usaha yang memang menjadikan spot foto Instagramable sebagai produk. Artinya, mereka memang menyediakan tempat, mendesainnya sedemikian rupa, dan memberikan kesempatan setiap orang untuk berfoto dengan membayar sejumlah uang.
Selain itu, sudut-sudut Instagramable juga bisa kamu kenakan biaya tersendiri. Cara seperti ini sudah diterapkan oleh beberapa restoran saat ini.
Kamu tertarik mendirikan tempat usaha yang Instagramable, Sisters?