Sisters, word of mouth adalah salah satu strategi marketing yang paling populer dan legendaris. Kamu pasti sudah pernah mendengarnya, kan?
Sesuai dengan namanya, word of mouth marketing adalah suatu proses pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut.
Misalnya, ada seorang pelanggan yang sangat menyukai produk tertentu. Tidak hanya sekadar menyukai saja, ia juga sering membicarakan produk tersebut kepada orang lain.
Jadi sadar atau tidak, ia telah membantu brand menyebarkan informasi mengenai produk tersebut dan melakukan word of mouth marketing.
Tertarik untuk mengetahui keuntungan strategi pemasaran yang satu ini lebih dalam? Simak dibawah ini, yuk!
1. Meningkatkan kepercayaan
Keuntungan pertama dari melakukan word of mouth adalah menciptakan kepercayaan di antara produk dan konsumen.
Word of mouth akan terjadi saat ada seorang pelanggan yang merasa sangat puas dalam menggunakan suatu produk.
Jadi, dengan meningkatkan kepuasan yang diterima oleh pelanggan, ia akan semakin percaya dengan brand tersebut.
Bahkan, hal itu membuat mereka berani merekomendasikannya kepada orang lain hingga akhirnya lebih banyak orang yang ikut percaya dengan produk tersebut.
2. Membangun brand
Bagi sebuah bisnis yang masih baru dirintis, memang sangat perlu untuk membangun brand yang bisa dengan mudah dikenal.
Selain melakukan upaya branding lewat media sosial atau platform lainnya, rupanya strategi word of mouth juga bisa dijadikan alternatif pilihan, lho.
Menggunakan word of mouth marketing akan membantu brand menjadi terlihat lebih kredibel.
Setelah banyak orang yang percaya dengan produknya, tentu saja brand juga akan semakin dikenal.
Namun, jangan lupa untuk terus melakukan upaya branding lainnya.
Misalnya, dengan membuat brand identity yang bisa membuat brand lebih mudah dikenal lewat nilai yang dimilikinya.
3. Tidak membutuhkan banyak biaya
Keuntungan lain dari word of mouth adalah biayanya yang sangat terjangkau. Perusahaan tidak perlu terus mengeluarkan banyak biaya untuk pemasaran.
Seperti yang disebutkan di atas, strategi pemasaran ini cukup terjangkau karena hanya memanfaatkan pengalaman yang didapatkan oleh pelanggan.
Namun, supaya strategi marketing ini bisa berjalan secara efektif tentu saja perusahaan masih perlu melakukan beberapa upaya lainnya.
Salah satu upaya yang perlu dilakukan oleh perusahaan adalah dengan selalu menghargai pelanggan.
Hal itu bisa dilakukan dengan memberikan hadiah berupa produk atau pelayanan gratis untuk mereka yang selalu loyal.
Word of mouth marketing memang tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal. Namun, perlu dipersiapkan strategi yang efektif untuk menarik pelanggan.
Berikut ini beberapa strategi yang paling efektif untuk menerapkan word of mouth marketing, antara lain:
1. Buat kampanye yang dapat menyentuh sisi emosional
Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan strategi word of mouth adalah dengan membuat kampanye yang emosional.
Brand akan lebih mudah dikenali jika berhasil membuat kampanye yang bisa terhubung dengan sisi emosional seseorang.
Saat brand mampu membuat hubungan yang emosional dengan pelanggan, tentunya produk mereka akan selalu diperbincangkan.
Seperti yang dijelaskan di atas, word of mouth akan berhasil jika pelanggan bisa memiliki kepercayaan yang tinggi kepada produk.
2. Gunakan jasa influencer
Berkembangnya media sosial membuat influencer marketing juga ikut semakin populer.
Kamu bisa memanfaatkan hal yang satu ini untuk mengembangkan strategi word of mouth marketing untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.
Menggunakan jasa seorang influencer tentunya juga bisa membantu proses branding karena ia telah memiliki banyak followers.
Namun, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu sebelum mulai menggunakan jasa seorang influencer.
Pastikan influencer tersebut punya riwayat yang baik dan pastinya followers yang dimilikinya sesuai dengan target pelanggan dari brand.
3. Buat acara yang melibatkan komunitas
Strategi untuk meningkatkan word of mouth marketing yang selanjutnya adalah dengan selalu membuat sebuah acara yang melibatkan komunitas.
Dengan membuat acara yang melibatkan pelanggan, tentunya mereka akan merasa dihargai oleh brand yang disukainya.
Acara seperti ini juga mampu meningkatkan hubungan baik antara brand dengan pelanggan. Pasalnya, kedua belah pihak bisa melakukan komunikasi secara langsung.
4. Selalu minta feedback dari pelanggan
Salah satu cara untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan adalah dengan meminta feedback dari mereka.
Supaya pelanggan bisa terus membicarakan produk dari brand, tentu saja perusahaan harus selalu menciptakan produk terbaiknya.
Jika kualitas dari produk menurun, tentu pelanggan akan merasa kurang puas. Bahkan, akhirnya tidak lagi mau memberikan rekomendasi produk kepada orang lain.
Oleh karena itu, selalu mintalah feedback kepada mereka. Hal itu bertujuan agar perusahaan bisa mengerti apa sebenarnya produk yang diinginkan oleh pelanggan.
5. Fokus menjaga hubungan baik dengan pelanggan
Cara terakhir untuk meningkatkan word of mouth marketing adalah dengan selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
Meskipun terdengar sederhana, hal yang satu ini sangat perlu dilakukan oleh setiap brand jika ingin memiliki customer loyalty.
Hubungan yang dekat antara brand dengan pelanggan akan membuat mereka lebih mudah untuk merekomendasikannya kepada orang lain.
Memperkuat hubungan dengan pelanggan bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya menyediakan layanan pelanggan selama 24 jam.