Tentu saja ada berbagai tantangan yang harus kamu lalui. Kamu mungkin belum memiliki pengalaman kerja apa pun, tetapi harus memulainya dengan WFH.
Dalam artikel ini, Sisternet telah menyiapkan 5 tips yang bisa kamu lakukan ketika menjalani WFH dengan kantor baru. Penasaran? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!
Sebagai seseorang yang memulai WFH dengan kantor baru, kamu tentu memiliki banyak pertanyaan mengenai job desc dan lingkungan kerjamu.
Hal itu wajar karena kamu belum bertemu satu pun dari rekan kerjamu. Kamu juga belum mengetahui pasti tentang apa saja yang harus kamu kerjakan secara detail.
Oleh karena itu, seperti kata pepatah, “Malu bertanya, sesat di jalan.”
Beranikan dirimu untuk bertanya pada rekan kerja dan atasanmu. Mereka akan memaklumi pertanyaanmu karena kamu adalah fresh graduate sekaligus di kantor mereka.
Namun, usahakan untuk menanyakan berbagai pertanyaanmu sekaligus agar kamu tidak terlalu mengganggu kerja mereka.
2. Perkuat Koneksi
Tips lain untuk kamu yang harus WFH dengan kantor baru adalah memperkuat koneksi. Semua rekan kerjamu mungkin sudah pernah bertemu satu sama lain. Namun, kamu belum.
Maka, manfaatkan hari-hari awalmu untuk membangun netwporking kerja.
Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas yang berada di luar timmu. Misalnya, ada komunitas sepeda di kantormu.
Jika kamu hobi bersepeda, bergabunglah dengan mereka agar kamu memiliki koneksi lain di luar timmu.
3. Pahami Workflow
Workflow merupakan salah satu hal terpenting dalam bekerja. Namun ketika menjalani WFH, banyak perusahaan terpaksa menyesuaikan workflow mereka.
Sebagai seseorang yang WFH dengan kantor baru, kamu juga harus menyesuaikan diri dengan workflow yang ada.
Di hari pertama, kamu mungkin akan mendapat penjelasan mengenai workflow yang harus kamu jalani. Namun seiring berjalannya waktu, kamu bisa memperhatikan lebih lanjut realitas workflow tersebut.
Kamu bisa menciptakan tips dan trik untuk dirimu sendiri agar bisa menjalankannya dengan baik.
4. Bangun Mood Sebelum Bekerja
Ketika bekerja, biasanya seseorang memiliki waktu perjalanan dari rumah ke kantor. Sadar-tidak sadar, waktu tersebut sebenarnya adalah kesempatan bagi otakmu untuk mempersiapkan diri dalam bekerja.
Banyak orang mengisi waktu perjalanan dengan mendengarkan musik, membaca berita, dan sebagainya. Hal itu sebenarnya mendorong kamu untuk segera siap bekerja ketika sampai kantor.
Namun ketika WFH dengan kantor baru, kamu tidak mendapat pengalaman tersebut. Kamu harus proaktif menciptakan mood-mu sendiri sebelum mulai bekerja.
Kamu bisa sarapan sehat, olahraga, atau melakukan aktivitas yang bisa membangun semangat kerjamu.
5. Ikuti Kelas Online Usai Bekerja
Beberapa perusahaan memiliki program training bagi karyawannya. Namun, ada pula perusahaan yang tidak menyediakan fasilitas tersebut.
Jika perusahaanmu tidak memberikan training, kamu bisa mengikuti kelas online setelah selesai bekerja.
Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan ketika harus WFH dengan kantor baru.
Pengalaman ini tentu saja tidak mudah. Bahkan karyawan yang terbiasa bekerja di rumah.