Sisters, dalam dunia e-commerce saat ini, ada puluhan cara untuk bisa menjadi terkenal.
Sementara beberapa bisnis berfokus pada produk yang dijual, sedangkan beberapa berfokus pada metode pemasaran yang ingin digunakan. Tidak ada yang salah dari kedua hal tersebut. Keduanya akan saling melengkapi satu sama lain.
Namun, jika menelusuri lebih jauh ke dalam pemikiran para pakar e-commerce dunia, sesungguhnya apa yang menurut mereka penting untuk dilakukan dalam pemasaran online?
Inilah tips mengembangkan e-commerce dari pakar e-commerce dunia yang dapat membantu merevolusi strategi mengembangkan e-commerce milikmu, simak, yuk!
1. Berpikir seperti pelanggan
Salah satu tips mengembangkan e-commerce adalah dengan berpikir seperti pelangganmu sendiri, Sisters.
Katie Melissa adalah salah pakar e-commerce dunia yang berfokus pada kategori produk seperti jam tangan dan kacamata hitam. Saat ini dirinya berhasil melakukan dropships produk dalam jumlah besar kepada konsumen.
Pastikan kamu mengetahui apa yang menjadi keinginan dari calon konsumen ya.
2. Aktif menggunakan email dan media sosial
Frank Hatchett adalah orang di balik Online Dimes, sebuah sumber daya yang luar biasa bagi para pengusaha yang ingin memahami strategi pertumbuhan e-commerce.
Beliau juga memiliki tips mengembangkan e-commerce yang kerap berhasil bila diterapkan dengan baik.
Dia juga mengelola sebuah grup Facebook beranggotakan 20.000+ orang, Online Samurais, dimana ia mengeksplorasi semua aspek pemasaran online – termasuk bagaimana orang dapat menghasilkan uang dengan memberikan produk gratis.
Tipsnya untuk pengusaha eCommerce adalah penargetan silang melalui Facebook dan email. Bila kamu dapat menjalin hubungan baik dengan konsumen melalui kedua media tersebut, kamu berkesempatan memiliki rasio konversi yang lebih tinggi karena target audiens biasanya sudah lebih terarah.
3. Learning by doing
Richard Lazazzera adalah mantan anggota tim Pertumbuhan di Shopify dan sekarang mengelola A Better Lemonade Stand, salah satu sumber paling populer untuk pengusaha e-commerce saat ini.
Ia juga mengajar para pengusaha melalui programnya, Build Launch Grow. Dia berfokus untuk belajar melalui melakukan.
Banyak pengusaha pemula berpikir terlalu banyak sebelum mereka benar-benar memulai. Kegagalan menciptakan kesempatan untuk belajar, dan setiap kegagalan adalah langkah maju.
4. Memetakan/membaca perilaku pelanggan
Catherine Howell menjadi salah satu orang yang mengelola Eight Loop Social, sementara dia juga mengelola grup Facebook Ad Hack secara menakjubkan.
Howell mengatakan bahwa kamu harus memetakan perjalanan pelanggan dari saat pertama kali mereka melihat produkmu hingga sampai ke email yang mereka dapatkan setelah mereka menyelesaikan pembelian.
Ketahui apa yang mereka suka dari merekmu akan sangat penting untuk pengembangan bisnismu di masa depan.
Ia merekomendasikan menggunakan Shoelace, sebuah aplikasi Shopify yang membuat re-targeting di Facebook dan Instagram menjadi mudah.
5. Jual dengan cara yang unik
Ashley Wright adalah seorang pengusaha eCommerce yang mengelola beberapa toko sekaligus mengelola sebuah grup Facebook yang berkembang.
Wright mengatakan kamu harus menjelajahi sudut yang kamu gunakan untuk menjual produkmu. Cobalah untuk menjual dengan cara yang unik dengan menemukan khalayak yang unik untuk produk itu. Hal ini dapat memungkinkanmu menurunkan biaya iklan di Facebook.
6. Selalu up to date
Sebastian Gomez adalah salah satu pakar eCommerce terkemuka dunia yang fokus pada dropshipping. Tips utamanya adalah selalu up to date. Kamu tidak bisa hanya memasang iklan tanpa mengoptimalkannya.
Sebastian memeriksa iklannya sepanjang hari dan mengoptimalkan iklan yang tidak berkinerja. Hal ini memungkinkan dia untuk bertumbuh dengan cepat.
Menurutnya, kamu harus selalu up to date pada iklan yang kamu pasang dimanapun itu. Teruslah aktif, dan berikan tanggapan kepada pelanggan secara cepat.
Nah, kalau kamu ikuti beberapa cara diatas, pasti bisnismu akan lancar jaya, Sisters.