Sisters, sampai saat ini masalah perlindungan konsumen di Indonesia masih lemah. Masih banyak masyarakat yang belum paham tentang hak dan kewajibannya sebagai konsumen. Padahal setiap konsumen memiliki hak dan kewajiban yang bisa diperjuangkan karena dilindungi oleh pemerintah, yang mengacu pada Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.
Apalagi di era digital seperti sekarang ini, pemanfaatan internet atau digital semakin meluas termasuk belanja online. Kemudahan yang diberikan, cepat dan efisien dengan beragam promo menarik menjadi daya tarik belanja online yang sulit ditolak oleh sebagian masyarakat. Meski begitu, kekhawatiran tetap ada ketika seseorang memilih untuk berbelanja online.
Agar pengalaman belanja online-mu menyenangkan, jadilah konsumen cerdas. Berikut tips agar belanja online lebih aman dan nyaman. Simak, yuk, Sisters!
Pilih situs terpercaya
Kredibilitas dan sistem keamanan situs belanja online menjadi faktor utama yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan berbelanja.
Jadi, ada baiknya kamu lakukan riset terlebih dahulu terhadap situs tersebut dan pastikan ada nomor kontak customer services yang bisa dihubungi. Hal ini akan mempermudahmu untuk melakukan pengaduan jika ada keluhan.
Belilah produk asli Indonesia
Dengan membeli produk asli Indonesia, sama saja kamu membantu perekonomian Indonesia, Sisters. Produk lokal karya UKM asli Indonesia adalah penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar untuk negara.
Nah, ketika para pelaku UKM serta produk asli Indonesia semakin berkembang maka perekonomian Indonesia bisa semakin maju. Kamu juga mau, kan, negara ini menjadi semakin maju, Sisters?
Kritis dan teliti membaca kebijakan
Setiap marketplace atau platform belanja online memiliki kebijakan yang berbeda-beda untuk setiap penawaran. Bacalah syarat dan ketentuan atau kebijakan yang berlaku di suatu situs e-commerce dengan teliti.
So, jangan lupa untuk membaca detail deskripsi produk agar terhindar dari salah pilih produk, ya, Sisters!
Jangan segan untuk bertanya
Sudah membaca detail produk tapi masih kurang jelas? Kamu bisa memanfaatkan beberapa fitur yang disediakan marketplace untuk menghubungi penjual seperti fitur chat.
Hal ini akan membantu kamu sebagai calon konsumen untuk mendapatkan informasi sejelas mungkin sehingga terhindar dari keluhan produk tidak sesuai.
Cek review & reputasi
Sebelum memutuskan untuk membeli, tidak ada salahnya kamu melihat ulasan dari pembeli terdahulu dan reputasi dari toko yang akan kamu beli produknya.
Beberapa konsumen sebelumnya pasti sudah memberikan ulasan tentang berbelanja di toko online tersebut. Dari sana, kamu bisa mengetahui kepuasan pembeli terhadap toko online tersebut mulai dari barang yang dijual hingga pelayanannya.
Nah, pastikan 5 hal di atas sudah kamu lakukan sebelum memulai berbelanja online, ya, Sisters!
Sumber artikel: http://bit.ly/5TipsAmanBelanjaOnline