Hai Sisters! Bila kamu sudah memiliki usaha tertentu atau masih berencana membangun satu usaha, wajar bila saat ini memikirkan e-commerce bagi usaha tersebut. E-commerce yang begitu banyak dibicarakan orang memang banyak membuat perubahan di berbagai bidang usaha di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.
Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut, mungkin kita perlu bahas sedikit apa sebenarnya e-commerce itu? Situs internet wikipedia.org secara sederhana mengartikan e-commerce sebagai “transaksi penjualan dan pembelian yang dilakukan secara online”. Memang demikian, secara prinsip definisi itu benar, Sisters.
Tentunya istilah secara online memiliki makna yang cukup kompleks karena dapat meliputi peraturan, mekanisme kerja, teknologi, pengetahuan dan keterampilan baru yang perlu dimiliki semua pihak yang terlibat dalam proses online yang dimaksud.
Lalu, apakah prinsip prinsip dasar pengembangan usaha berubah dengan adanya e-commerce tersebut, Sisters? Salah satu prinsip usaha yang penulis ingin acu adalah prinsip 4P yang berasal dari singkatan 4 aspek dalam bahasa Inggris yaitu Product, Place, Price dan Promotion. Marilah kita bahas keempat aspek tersebut dalam kerangka kesiapan usaha kita untuk bertransaksi secara online, Sisters!
Produk disini bermakna satu barang tertentu berwujud maupun tidak berwujud seperti piranti lunak atau karya cipta tertentu lainnya yang dapat diperjualbelikan, Sisters. Di samping barang produk juga dapat berupa jasa atau layanan yang memenuhi kebutuhan tertentu pada pelanggan sehingga memiliki satu nilai. Sudahlah kita persiapkan produk kita tersebut dan bagaimana mengukur kesiapan produk kita?
Ada beberapa pertanyaan yang dapat kita jawab untuk mengujinya di antaranya:
E-commerce membawa perubahan besar pada aspek “tempat” karena pelanggan dapat berada dimana saja untuk bertransaksi secara online, Sisters. Meskipun demikian dunia online sendiri juga merupakan satu “tempat” yang sangat luas dimana berbagai pelaku usaha bersaing keras untuk mendapatkan perhatian dan melayani kebutuhan pasar.
Dalam aspek tempat beberapa pertanyaan untuk menguji kesiapan kita membangun usaha dengan e-commerce tetap relevan di antaranya:
Sisters, e-commerce membawa perubahan besar pada aspek “harga” karena pelanggan dapat semakin mudah membandingkan harga produkmu karena tersedianya informasi secara online. Berbagai pelaku usaha bersaing keras untuk menekan biaya produksi untuk dapat bersaing dengan memberikan harga yang terbaik. Memberikan harga yang tinggi dapat dilakukan bila pelanggan dapat menghargai nilai produkmu karena layanan yang baik atau fitur lain yang unggul dibandingkan produk pesaing.
Dalam aspek harga beberapa pertanyaan untuk menguji kesiapan kita di antaranya:
Nah, ada beberapa hal lain selain produk, tempat, dan harga yang menjadi bahan dalam mengembangkan usahamu menjadi e-commerce, nah, kita akan lanjutkan di artikel “Siapkan 7 Hal Ini Untuk Mengembangkan Usahamu Menjadi E-Commerce (PART 2)”, ya, Sisters!
Sumber Info: Kemen PPPA RI - serempak.id