Kunci utama dari keberhasilan sebuah bisnis adalah kepercayaan yang timbul dari konsumen terhadap produk ataupun jasa yang dijual. Konsumen harus memiliki kepercayaan bahwa produk atau jasa yang dipilihnya mampu memberikan manfaat yang terbaik bagi mereka. Hal ini berlaku bagi para pebisnis produk atau jasa offline dan online, Sisters.
Jadi, sangat penting untuk dapat memperoleh kepercayaan dari konsumen akan bisnis kamu. Simak 6 strategi yang bisa kamu gunakan dalam memunculkan kepercayaan konsumen terhadap bisnismu, Sisters.
Komunikasi
Ini adalah hal terpenting dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Jika kamu memiliki karyawan, ajari mereka cara berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan. Kembangkan keterampilan berkomunikasimu dengan pelanggan, Sisters. Tindakan komunikasi dua arah dengan pelanggan ini bertujuan untuk menumbuhkan hubungan diantara bisnismu dengan para pelanggan.
Transparan
Untuk mendapatkan kredibilitas, bersikaplah transparan kepada konsumen tentang produk yang kamu tawarkan, termasuk tentang kebijakan pembatalan atau pengembalian barang. Semua informasi ini juga harus dapat dengan mudah ditemukan.
Responsif
Jika konsumenmu memiliki masalah dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan, segera selesaikan, jangan menunda-nunda. Kamu tidak harus menjadi yang paling sempurna dalam berbisnis agar bisa sukses, tapi kamu harus jujur dan responsif. Melalui komentar inilah kamu dapat melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan yang bisa saja terjadi dalam bisnis, terutama bisnis jual beli.
Testimoni dan rating
Orang tentu ingin tahu bagaimana pendapat konsumen tentang produk atau layanan jasamu. Salah satu caranya adalah lewat testimoni dan rating yang diberikan pembeli. Testimoni berperan penting untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dan meningkatkan reputasimu, begitu pula dengan rating. Karena itu, tampilkan dua hal tersebut secara khusus dan biarkan calon pelanggan lain melihatnya. Namun ingat, jangan melakukan kecurangan dengan membuat keterangan palsu.
Detail Kontak yang Jelas
Hal lain yang perlu dilakukan adalah memasang detail kontak yang jelas, seperti nama, nomor rekening yang digunakan untuk transaksi jual beli, dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sebisa mungkin jangan sering berganti-ganti nomor telepon karena ini akan membuat konsumen takut ditipu. Selain itu, berikan data domisilimu agar konsumen bisa memperkirakan lama waktu pengiriman barang yang dibelinya.
Berikan reward pada pelanggan setia
Berikan apresiasi terhadap pelanggan lama dengan program loyalitas diskon. Misalnya, kamu bisa memberi hadiah kepada pelanggan dengan diskon untuk pembelian berikutnya. Ini adalah cara kecil namun efektif untuk mengucapkan terima kasih kepada pelanggan sekaligus menjaga bisnismu tetap menjadi pilihan utama bagi pelangggan.
Karena pelanggan adalah modal penting bagi perkembangan bisnismu, maka sebisa mungkin prioritaskan kebutuhan mereka, ya, Sisters!
Info: Kemenkominfo RI