Sisters, internet memudahkan kita melakukan banyak hal, salah satunya berbisnis secara online. Dengan adanya internet, cara orang melakukan bisnis berubah. Konsep bisnis di berbagai lini pun ikut berubah. Dulu, hanya orang-orang yang memiliki modal besar yang bisa menjadi pengusaha. Namun kehadiran internet mengubah itu semua.
Kini kita tidak perlu lagi menyewa toko fisik, membayar biaya sewa tempat yang mahal, atau merekrut banyak tenaga kerja untuk menjaga toko atau menjalankan bisnis. Semua orang sekarang bisa punya toko online tanpa memerlukan modal besar. Misalnya dengan menjadi penjual di situs website e-commerce, memasarkan barang dagangan lewat media sosial seperti Facebook dan Instagram, menjadi penjual makanan di aplikasi ojek online, dan sebagainya.
Lalu, jika kamu ingin memanfaatkan internet untuk memulai bisnis online, kira-kira apa yang harus dipersiapkan? Simak ini, ya, Sisters!
Tentukan Barang atau Layanan yang Mau Dijual
Sebelum memulai bisnis, penting untuk menentukan jenis barang/layanan apa yang akan kamu jual secara online. Apapun yang kamu pilih, pastikan produk tersebut kamu sukai. Ini penting karena kamu akan menangani produk ini setiap harinya, jadi pastikan produk tersebut nantinya tidak akan mudah membuat kamu bosan. Jika kamu tidak memiliki produk apapun untuk dijual, tidak masalah, Sisters!
Kamu dapat mengambil produk dari orang lain lalu menjualnya di situsmu. Berbisnis online memberimu banyak keuntungan. Salah satunya akses ke jutaan konsumen di berbagai kota di Indonesia, bahkan hingga negara lain. Namun ingat, pesaingnya juga lebih banyak. Ada ratusan penjual online yang mungkin menjual produk yang serupa.
Apa yang membedakan produkmu dari produk sejenis lainnya?
Karena itulah, usahakan tawarkan sesuatu hal yang unik pada produkmu. Misalkan kamu membuat produk perawatan kulit. Apa yang membuat kamu berbeda dari yang lain? Cek persaingan di luar seperti apa. Cari tahu apa yang belum ditawarkan orang lain, dan temukan cara untuk mengisi ceruk tersebut dengan produkmu.
Segmentasi Pasar
Bisnis apapun itu, termasuk bisnis online, membutuhkan segmentasi pasar. Setelah menentukan produk apa yang mau dijual, tentukan siapa calon pelanggan potensial bisnismu. Semakin spesifik semakin bagus. Tujuannya agar kamu bisa melakukan promosi secara terarah. Ibaratnya memancing, kamu tidak akan menemukan ikan salmon di sungai. Jadi kamu harus pergi ke laut. Misalnya kamu ingin berjualan pakaian. Apakah segmentasinya ditujukan untuk semua orang atau anak muda saja, perempuan atau laki-laki? Dari sini kamu bisa merincinya lagi lebih dalam, misal menjual baju untuk pesta, pakaian kerja, celana olahraga, dan sebagainya. Segmentasi yang jelas akan mempermudah kamu untuk melakukan riset tentang hal-hal yang disukai pasar dan mempromosikan produkmu nantinya.
Klasifikasikan Model Bisnisnya
Bisnis e-commerce mencakup semua pasar online yang menghubungkan pembeli dan penjual. Hal pertama yang harus dipikirkan sebelum memulai bisnis adalah jenis transaksi bisnis apa yang akan kamu jalani. Siapa target pasarmu, Sisters?
Info: Kemenkominfo RI