Hai Sisters! Merintis usaha sendiri tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak hal-hal penting yang mesti kamu persiapkan. Mulai dari jenis usaha yang akan dijalankan sampai dengan segi pemasaran. Jika kamu kurang pengetahuan dan tidak serius dalam membangun usaha tersebut, usahamu tidak akan berkembang dan bisa mengalami kerugian. Lalu, apa saja yang dibutuhkan? Simak, yuk!
Tentukan Jenis Usaha
Buka usaha apa ya? Mungkin pertanyaan ini muncul dibenakmu, bukan? Sebelum memutuskan untuk merintis usaha sendiri, penting bagimu untuk menentukan jenis usaha dan membaca peluang bisnis saat ini yang memiliki prospek cerah. Selain itu, sebaiknya jenis usaha tersebut harus sesuai dengan minat dan keahlianmu, Sisters.
Percuma menjalankan sebuah usaha tetapi kamu tidak menyenanginya. Kamu akan setengah hati dalam mengembangkan usaha tersebut. Malahan, kamu bisa menyerah ditengah jalan ketika merasa bisnis tidak sesuai yang diharapkan.
Coba anda pikirkan terlebih dahulu sebelum memulai sebuah usaha. Tulis dalam buku catatan tentang minat, keahlian, bakat, dan hobimu. Disamping itu kamu bisa menulis beberapa jenis usaha yang ingin kamu rintis.
Menyiapkan Modal
Merintis usaha sendiri dari nol bukan berarti nol modal. Kamu tetap membutuhkan modal untuk mengawali usahamu, Sisters. Berapa modal yang kamu butuhkan? Tergantung usaha yang ingin kamu buka, pastinya.
Pada umumnya, usaha dengan modal kecil maupun besar hampir sama peraturannya. Kamu harus tahu berapa modal yang dianggarkan untuk memulai usaha tersebut.
Disamping itu, jangan habiskan seluruh modal untuk kebutuhan usaha yang akan kamu jalankan. Minimal sisihkan 40% modal sebagai dana cadangan.
Hal ini untuk mengantisipasi jika usahamu mengalami kegagalan. Kamu bisa menggunakan sisa dana tersebut untuk membangun kembali atau mengganti usahamu, Sisters.
Promosikan Produkmu
Satu hal yang perlu kamu ketahui, Sebagus apapun produk yang kamu sajikan, tak lantas membuat banyak konsumen berdatangan untuk membeli produkmu, lho, Sisters. Maka dari itu, lakukan promosi untuk memperkenalkan produkmu.
Promosi bisa kamu lakukan dari mulut kemulut, menyebar brosur atau memasang iklan di koran lokal. Apalagi sekarang ini, para pebisnis semakin terbantu dengan hadirnya media sosial seperti Facebook, Twitter, Instragram, Whatsapp dan lain sebagainya.
Kamu bisa manfaatkan media sosial yang ada untuk mempromosikan usahamu. Disamping itu, banyak cara untuk semakin menarik minat pengunjung seperti memberi diskon, sediakan kupon atau voucher dan system beli 1 gratis 1 yang sering diterapkan beberapa toko besar.
Dalam mengembangkan usaha dari nol, memang dibutuhkan strategi pemasaran yang baik agar kamu bisa bersaing dengan banyak pengusaha yang menawarkan produk sejenis dengan usahamu, ya.