Menjadi salah satu negara di kawasan Asia, tidak mudah untuk bisa merambah kancah internasional, Sisters. Mungkin itulah kata yang tepat untuk mewakili kiprah Korea Selatan dalam mempromosikan negaranya. Namun bukan negara ginseng namanya bila pantang menyerah. Berawal dari menyebarkan gelombang K-Pop melalui sederet girl grup, boy band, dan penyanyi lain yang fokus di bidang musik, Korea Selatan sukses mencuri perhatian dunia.
Sebuah kutipan dari @LUXQUOTES berbunyi "Don't let small minds tell you that your dreams are too big". Kira-kira begitulah gambaran Korea Selatan yang tidak pernah berhenti berinovasi agar negara mereka semakin dikenal. Kira-kira apa sih rahasianya, Sisters?
Sisters kerap menonton drama Korea? Jika iya, maka nama-nama seperti bulgogi, budak jjigae, bibimbap, samgyetang, kimbap, sundubu jjigae, serta kimchi pasti selalu ada. Memasukkan daftar menu makanan khas ke dalam drama maupun film merupakan cara Korea Selatan memperkenalkan negaranya pada para penonton yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Alhasil, di Indonesia sendiri banyak kedai atau resto makanan khas Korea yang mulai berdiri dan menawarkan hidangan khas negara pembawa gelombang Hallyu tersebut.
Hampir seluruh film, variety show, drama, dan acara-acara lain yang tayang di pertelevisian Korea Selatan menggunakan produk dalam negeri sendiri. Mulai dari mobil, smartphone, hingga tempat makan mereka diatur sedemikian rupa apiknya. Meskipun para pemain atau staf menggunakan produk atau brand luar negeri sekali pun, demi menaikkan eksistensi negara ke publik, mereka lebih memilih memanfaatkan sponsor atau barang-barang yang dihasilkan oleh dalam negeri.
Tahukah Sisters kalau beberapa stasiun televisi Korea Selatan saat ini sudah memasukkan subtitle dari beberapa bahasa untuk mengakomodasi penonton yang berasal dari luar negeri. Bahkan teks dalam Bahasa Indonesia juga tak luput ditambahkan agar memudahkan penonton menikmati suguhan yang dihadirkan. Wah, keren ya..
Meskipun terkadang beberapa acara menampilkan pemandangan di luar negeri, Korea Selatan tidak pernah absen untuk memperkenalkan beberapa wilayah andalannya. Tidak hanya fokus pada pengambilan gambar pemain, mereka juga menampilkan tempat-tempat mengesankan yang sekiranya wajib dikunjungi oleh para wisawatan dunia.
Sisters penggemar K-Pop pasti sudah tidak asing lagi dengan fanmeeting. Ya, kegiatan satu ini sering dijadikan para artis atau selebriti Korea Selatan dalam mempromosikan negaranya. Mereka menyambangi satu negara ke negara lain untuk sekadar menyapa fans. Sebut saja Park Bogum yang baru-baru ini datang ke Jakarta dan sempat berfoto dengan tukang sate serta tukang durian. Ditambah lagi beberapa waktu lalu, para boy/girl band K-Pop terkenal seperti Girl's Generation, Big Bang, Shinee juga tak lupa memasukkan Indonesia sebagai tempat untuk menggelar konser dan memanjakan para fans.
Foto: http://english.visitkorea.or.kr/