Bagi Sisters yang bekerja, tentu produktivitas adalah hal yang harus dicapai setiap harinya. Tidak jarang saat bekerja di kantor, banyak waktu terbuang percuma karena berbagai hal. Mengingat jam kerja kantor rata-rata 8 jam sehari, tanpa produktivitas yang tinggi tentu banyak pekerjaan yang terbengkalai.
Kurangnya produktivitas akan menggangu aktivitas kita lainnya, seperti hal-hal seperti berkumpul bersama keluarga, hobi, mengurus anak di rumah terkadang harus dikorbankan karena lembur.
Berikut ada 6 tips supaya kita dapat bekerja produktif dan mendapatkan hasil yang memuaskan, Sisters.
Meluangkan waktu untuk sarapan memang penting sebelum memulai aktivitas setiap harinya. Tetapi, sarapan bisa membuang waktu kita bila tidak direncanakan, apalagi buat kamu yang tidak memasak sendiri.
Proses mencari dan memilih makanan untuk sarapan sampai memakannya tentu menghabiskan waktu sendiri jika dilakukan saat jam kerja. Karenanya, usahakan makan di rumah sebelum berangkat ke kantor, Sisters. Atau, alokasikan waktu khusus untuk mencari makanan dan sarapan sebelum masuk kerja. Ketika tiba di kantor, perut sudah kenyang dan kondisi fisik sudah siap untuk bekerja. Jangan habiskan waktu lama untuk hal sepele.
Sebelum bekerja, mulailah dengan membuat daftar pekerjaan (To Do List) yang harus Sisters lakukan. Jangan lupa untuk menentukan prioritas pekerjaan yang lebih dulu harus diselesaikan. Dengan begitu kita bisa mendahulukan pekerjaan yang mendesak.
Hal ini dilakukan supaya tidak bingung harus mengerjakan yang mana terlebih dahulu. Seringkali karena tidak menentukan pekerjaan dan prioritas, waktu berhargamu yang harusnya bisa dihabiskan dengan produktif malah terbuang begitu saja.
Tanpa tenggat waktu, biasanya kita cenderung tergoda untuk menunda-nunda pekerjaan. Akibatnya produktivitas kita terganggu. Tenggat waktu tidak selalu membuat stres, Sisters. Justru dengan adanya tenggat waktu, bekerja lebih muda karena ada patokan waktu sebagai acuan.
Mengecek email tanpa disadari dapat mengurangi waktu produktivitas kita, Sisters. Terutama jika email tersebut tidak berhubungan dengan pekerjaan yang ditangani. Untuk itu, pisahkan email pekerjaan dengan email pribadi supaya fokusmu tidak gampang terganggu, Sisters.
Simpan gadget dan stop penggunaan media sosial saat bekerja, kecuali pekerjaanmu memang berhubungan dengan dunia digital dan media sosial. Kalaupun kamu menggunakan gadget dan media sosial, pastikan hanya untuk kepentingan yang berkenaan dengan pekerjaan dan menunjang produktivitasmu. Jangan terlena dengan update terbaru yang muncul tiap detiknya di timeline media sosial, Sisters.
Tidak mungkin tubuh dipaksa bekerja tanpa beristirahat sama sekali. Makanya, ketika ada kesempatan beristirahat, optimalkan waktu tersebut untuk beristirahat. Dengan begitu, kamu akan fresh saat kembali bekerja. Beristirahat 1 jam saja sudah cukup untuk mengembalikan fokusmu kembali. Jangan gunakan waktu istirahat untuk bekerja dan jangan gunakan waktu bekerja untuk beristirahat. OK, Sisters?
Coba terapkan 6 hal di atas agar waktu bekerja semakin produktif dan hasil pekerjaan lebih maksimal, ya Sisters.
Foto: pixabay