Sisters, bicara tentang bisnis tak bisa lepas dari tingginya tingkat kepuasan pelanggan. Semakin pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan, maka mereka akan semakin yakin untuk membeli dan setia menggunakan produk kita
Dalam bisnis, costumer service memegang peranan yang amat penting. Sebab costumer service yang memberikan segala informasi tentang produk mulai dari sebelum dan sesudah transaksi pembelian. Tak hanya itu, costumer service juga membantu pelanggan menyelesaikan kendala yang mereka temukan ketika menggunakan produk.
Kini dengan dukungan teknologi canggih, costumer service didesain secara otomatis menggunakan robot chat (chatbot) dan Artificial Intelligence (AI). Bahkan, menurut data, sebanyak 15% pelaku UMKM di Indonesia sudah mulai menggunakan teknologi ini, lho, Sisters. Artinya, ada 85% pelaku UKM yang belum menggunakan. Keterbatasan teknologi serta kurang terampilnya tenaga kerja menjadi beberapa alasan mereka belum bisa memanfaatkan teknologi digital.
Lalu, apa saja keuntungan menggunakan customer service otomatis?
1. Hemat Biaya
Jika dalam satu waktu jumlah pelanggan yang dilayani masih bisa dihitung jari, maka costumer service dengan tenaga manusia masih bisa merespon layanan cepat dan efisien. Namun, seiring bisnis berkembang dan pelanggan semakin banyak, bagaimana jadinya kalau ada 50 orang dalam satu waktu yang membutuhkan layanan costumer service? Tentu costumer service akan kewalahan.
Nah, salah satu solusi penyelesaiannya adalah menambah jumlah costumer service. Tapi, pertanyaan berikutnya, berapa banyak biaya operasional yang keluar untuk menggaji puluhan atau bahkan ratusan costumer service?
Untuk itulah, kehadiran costumer service otomatis berupa chatbot menawarkan solusi bagi para pelaku UMKM tanpa perlu memakan banyak biaya.
2. Respon Layanan yang Cekatan
Dengan menggunakan chatbot yang otomatis, layanan costumer service tak lagi terbatas waktu dan jam kerja. Pelanggan bisa mengakses bantuan 24 jam tanpa perlu menunggu hadirnya costumer service dengan tenaga manusia. Bahkan menurut survei, 68 persen pelanggan akan pergi jika layanan costumer service yang tidak tanggap dan kurang memuaskan. Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi, kan?
3. Reputasi yang Baik
Keuntungan lainnya bisa kamu peroleh adalah baiknya reputasi bisnis di mata para pelanggan. Hal ini karena pelanggan dapat melihat keseriusanmu untuk memberikan pelayanan terbaik dengan menginvestasikan waktu dan tenaga merancang layanan pelanggan otomatis. Kamu juga memberikan kesan profesional, melek teknologi, serta mengikuti perkembangan yang ada. Pelanggan pun akan lebih tertarik untuk membeli produk dibanding kompetitor yang belum menggunakan costumer service otomatis ini.
Kalau bisnismu, sudah menggunakan custoner service otomatis (chatbot), Sisters?