Hai Sisters! Menjelang akhir tahun, brand akan disibukkan dengan berbagai kegiatan campaign. Pasalnya, momen akhir tahun berdekatan dengan natal dan tahun baru.
Saat akhir tahun, banyak brand yang berlomba-lomba untuk menghasilkan lebih banyak penjualan.
Oleh karena itu, momen natal dan tahun baru dimanfaatkan semaksimal mungkin agar bisa mendapatkan keuntungan besar.
Untuk dapat mencapai target bisnis kamu dengan sukses, terapkan dahulu beberapa tips natal dan tahun baru dalam artikel di bawah ini, Sisters!
Tips promo natal dan tahun baru pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat katalog produk khusus momen tersebut.
Kamu bisa coba mengelompokkan produk best seller untuk dimasukkan dalam katalog nataru. Ini merupakan cara yang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan, lho.
Jangan lupa untuk memberikan diskon spesial selama momen natal dan tahun baru agar pelanggan semakin tertarik berbelanja.
Tips promo natal dan tahun baru selanjutnya yaitu cobalah untuk meluncurkan kemasan spesial nataru.
Biasanya, ada banyak pelanggan yang ingin mengirimkan hampers untuk merayakan momen natal dan tahun baru dengan orang-orang tersayang.
Produk jualanmu pun bisa menjadi pilihan ide hampers natal dan tahun baru. Dengan kemasan special edition sehingga lebih menarik pelanggan untuk membelinya.
Strategi lainnya yang cukup efektif kamu terapkan selama momen natal dan tahun baru, yakni dengan menjual produk secara bundling.
Dalam hal ini, kamu bisa menjual produk buy one, get one free. Namun, pastikan produk yang kamu jual secara bundling saling berhubungan atau saling melengkapi.
Misalnya, dengan menjual sepatu dan menggratiskan produk kaus kaki. Dengan begitu, kamu bisa menarik lebih banyak pelanggan untuk melakukan pembelian.
Promo bundling biasanya cukup efektif untuk meningkatkan jumlah pelanggan karena dirasa lebih menguntungkan dibandingkan dengan mereka membeli secara satuan.
Strategi promo lain yang cukup efektif kamu terapkan selama perayaan natal dan tahun baru, yaitu cobalah untuk membuat nama produk kusus momen spesial ini.
Carilah nama yang kreatif untuk produk kamu selama momen natal dan tahun baru sehingga terlihat lebih menarik di mata pelanggan.
Dengan menggunakan nama produk seputar natal dan tahun baru, kamu bisa meningkatkan traffic situs web lebih banyak.
Sebab, nama produk yang sesuai dengan kata kunci populer akan dicari banyak orang.
Maka dari itu, manfaatkanlah sebaik mungkin dengan membuat nama produk special edition nataru.
Tips promo natal dan tahun baru selanjutnya yang bisa kamu coba, yaitu dengan menggunakan time countdown untuk ciptakan rasa urgensi.
Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan media sosial dan website untuk membuat time countdown sehingga pelanggan tidak mau ketinggalan diskon spesialnya.
Strategi pemasaran yang dilakukan dengan menambahkan keterangan waktu dinilai cukup efektif untuk meningkatkan keinginan pelanggan untuk berbelanja.
Jadi, cobalah untuk membuat time countdown selama beberapa hari atau beberapa jam mendekati momen natal dan tahun baru.
Kamu juga bisa coba memberikan hadiah untuk setiap pembelian produk yang dilakukan oleh pelaggan sebagai salah satu tips promo natal dan tahun baru.
Berikanlah hadiah yang menarik untuk membuat pelanggan semakin ingin melakukan checkout di toko online kamu.
Hadiah yang diberikan bisa berupa produk best seller atau sample produk yang akan kamu jual dalam waktu dekat.
Selain meningkatkan keuntungan, cara ini juga cukup efektif untuk mendorong penjualan produk lain yang menjadi hadiah pembelian.
Tips promo natal dan tahun baru berikutnya yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menawarkan promo gratis ongkir.
Biasanya, memberikan promo gratis ongkir efektif untuk membuat pelanggan berbelanja lebih banyak.
Pasalnya, promo gratis ongkir bisa menghemat produk yang mereka beli. Jadi, penawaran ini seringkali dimanfaatkan pelanggan untuk menyetok produk favoritnya.
Untuk dapat menarik lebih banyak pelanggan selama promo natal dan tahun baru, kamu bisa coba mengadakan kontes berhadiah menarik.
Misalnya, giveaway dengan hadiah produk best seller atau barang new launching. Jadi, pelanggan tertarik untuk berpartisipasi karena hadiah yang menggiurkan.
Kamu bisa coba mengadakan kontes berhadiah menarik ini melalui media sosial.
Mintalah peserta kontes untuk like, share, komentar, dan share postingan media sosial untuk meningkatkan jangkauan.
Dengan begitu, kamu bisa membuat brand lebih banyak dikenal oleh audiens. Kamu pun bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan baru.
Menjelang akhir tahun, mungkin ada beberapa produk yang kamu sadari bahwa penjualannya kurang optimal.
Akhirnya, produk tersebut menumpuk di gudang dan menghambat siklus keluar-masuk barang.
Untuk menghindari hal tersebut, tidak ada salahnya kamu jual kembali dengan promo clearance sale atau cuci gudang.
Biasanya, produk yang dijual selama clearance sale akan ditawarkan dengan harga lebih murah. Jadi, ada banyak pelanggan yang akan tertarik untuk membelinya.
Namun, pastikan kamu melakukan perhitungan diskon terlebih dahulu agar produk-produk yang dijual tetap menghasilkan keuntungan.
Tips promo natal dan tahun baru lainnya, yakni dengan coba memberikan kode kupon atau voucher yang berisi penawaran menarik.
Dalam hal ini, bisa meliputi potongan harga spesial, promo cashback, diskon produk bundling, hingga gratis ongkir.
Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, pelanggan harus mencantumkan kode voucher khusus pada halaman checkout.
Kamu bisa membagikan kode kupon ini secara cuma-cuma melalui postingan di media sosial, website, atau konten penawaran di email.
Itu dia beberapa tips promo natal dan tahun baru yang bisa kamu coba untuk meningkatkan keuntungan bisnis.
Di antara tips di atas, adakah strategi promosi natal dan tahun baru yang akan kamu gunakan, Sisters?