Hai Sisters!
Dilansir dari Entrepreneur.com, yang dimaksud dengan positioning dalam bisnis adalah untuk membantu menetapkan identitas produk atau layanan yang kamu jual di mata pembeli. Tujuan dari strategi penentuan posisi ini adalah untuk menciptakan citra yang menarik dari brand-mu sehingga produk jualanmu mampu bersaing di pasaran.
Lalu, apa saja manfaat positioning dalam berbisnis? Yuk, simak di bawah ini, Sisters!
Menjaga Prospek Keuntungan
Ketika sebuah bisnis berhasil menempatkan produknya dalam pasar dan memiliki tempat sendiri di benak konsumen, usaha tersebut sangat mungkin dapat mempertahankan keuntungannya. Dengan kata lain, kamu memiliki kesempatan untuk mengunci target pasarmu melalui strategi positioning.
Kamu bisa memperkirakan seberapa besar kemungkinan produkmu akan dibeli, berapa banyak transaksi yang mungkin terjadi, dan bagaimana keuntungan di masa depan.
Lebih Mudah Menentukan Target Pasar
Strategi penentuan posisi adalah cara membedakan produkmu dengan pesaing. Kamu dapat melihat keunggulan produkmu dan menjadikannya daya tarik bagi pembeli.
Dengan menggunakan informasi tersebut, kamu bisa menentukan siapa target atau segmen pasar yang paling membutuhkan produk atau layanan yang kamu jual. Kamu bisa menentukannya dengan melihat perilaku konsumen, pendapatan, jenis kelamin, usia, hingga tempat tinggal.
Selain membantumu dalam menentukan target pasar, positioning juga akan membuat kamu lebih memahami kebutuhan mereka. Melalui posisi produk yang benar, akan semakin mudah bagi perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan tentang produk mereka dan fitur yang ditawarkan.
Jadi, perusahaan dapat memahami jenis produk dan varian produk apa yang dicari oleh sebagian besar pelanggan.
Meningkatkan Penjualan
Manfaat utama dari strategi ini tentunya meningkatkan penjualan. Penentuan posisi yang benar bisa mengarahkan langsung produkmu kepada segmen pasar yang benar-benar membutuhkan produkmu.
Oleh karena itu, penting untuk mengetahui nilai lebih dari produkmu. Kamu bisa membidik konsumen yang tepat secara langsung tanpa menghabiskan biaya iklan yang mahal.
Itu tadi beberapa penjelasan tentang tujuan, jenis, manfaat, dan contoh positioning yang bisa kamu terapkan untuk bisnismu.
Nah, Sisters, semoga artikel ini bisa membantu menentukan langkah berikutnya dari usaha kamu, ya!