Sisters, sebagai seorang pebisnis, kamu harus bisa memahami berapa banyak produk yang dibeli oleh konsumen di setiap transaksi. Hal ini berguna untuk mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan oleh konsumen saat memutuskan untuk membeli produk dengan jumlah lebih dari satu. Nah, perilaku konsumen mengenai jumlah barang yang dibelinya tersebut telah dibahas pada teori marginal utility.
Secara umum, teori ini perlu dipahami oleh pebisnis yang ingin tahu berapa banyak produk atau layanan yang biasanya dibeli oleh konsumen ketika berbelanja. Dengan begitu, secara tidak langsung informasi tersebut juga bisa menunjukkan manfaat apa saja yang bisa diperoleh oleh konsumen atau pembeli setelah memutuskan untuk membeli produk dengan jumlah di atas 1.
Dalam kata lain, marginal utility adalah perubahan nilai dari kepuasan yang didapatkan oleh konsumen ketika memiliki 2 atau lebih produk maupun jasa. Manfaat marginal utility memungkinkan para pebisnis atau pelaku usaha untuk membuat analisis terkait jumlah barang atau produk yang ingin dibeli oleh konsumennya. Melalui gagasan dari teori tersebut, para pebisnis dan pelaku usaha mampu menilai bagaimana tingkat kepuasan dari konsumen dan pengaruhnya dalam keputusan untuk membeli produk.
Jenis Marginal Utility |
Penjelasan |
Positif |
Hal ini bisa terjadi saat pembelian barang dengan jumlah banyak dibarengi dengan peningkatan terhadap kepuasan konsumen. |
Negatif |
Hal ini bisa terjadi saat konsumen hanya melakukan pembelian beberapa produk dengan jumlah yang besar saja. |
Nol |
Dalam hal ini, berarti tingkat kepuasan dari konsumen tidak berubah, sama, ataupun konstan ketika membeli barang dengan jumlah banyak ataupun sedikit. Nilai kepuasan konsumen yang tidak ada peningkatan alias nol ini meski sudah membeli maupun menggunakan barang dengan jumlah banyak tentu harus diperhatikan betul oleh bagi pihak produsen atau pemilik bisnis. Hal ini dikarenakan pada titik tersebut perlu tercipta iklim bisnis yang mampu membuat konsumen mendapatkan pengalaman positif atau kepuasan setelah membeli atau menggunakan produk yang dibelinya. |
Rumus Marginal Utility
Persamaan dari marginal utility diperoleh dengan menggunakan rumus:
MUX : MUY = PX : PY
Keterangan:
MUX adalah marginal utility dari barang X
MUY adalah marginal utility dari barang Y
PX adalah harga setiap unit dari barang X
PY adalah harga setiap unit dari barang Y
Berdasarkan rumus marginal utility tersebut, bisa diketahui jika ada pengurangan atau penambahan kepuasan konsumen setelah terdapat penambahan maupun pengurangan konsumsi sebuah produk, dan terjadi seiring dengan transaksi atau pembelian yang berikutnya.
Lalu bagaimana cara meningkatkan marginal utility?
1. Melibatkan Konsumen pada Akun Media Sosial Bisnis
Dengan membangun engagement dari para konsumen produk melalui sosial media, marginal utility bisnis bisa meningkat. Terlebih, pengaruh media sosial di zaman sekarang ini sangatlah masif sehingga perlu dimanfaatkan seoptimal mungkin guna kepentingan bisnis.
2. Melakukan Kampanye Iklan
Selain itu, lakukan pula kampanye iklan melalui internet, seperti melalui layanan periklanan dari Facebook atau Google. Sisipkan tautan atau link menuju situs bisnis pada iklan tersebut, dan bila perlu cantumkan pula formulir survei untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk.
3. Melakukan Survei
Melalui survei, kamu bisa mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap sebuah produk. Jika memungkinkan, cari tahu pula kontak dari pelanggan, seperti, nomor telepon atau e-mail agar bisa mendapatkan survei rutin terkait produk yang ditawarkan oleh bisnismu. Dengan begitu, feedback dari pihak konsumen bisa selalu didapatkan guna dievaluasi untuk memperbaiki kualitas produk.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mengetahui marginal utility dalam bisnismu, ya, Sisters!