Hai Sisters!
Untukmu para pemilik brand fashion, punya kesempatan tampil atau mengadakan fashion show di tingkat internasional pastinya merupakan salah satu impian, bukan? Karena memang nggak semua brand fashion bisa mengadakannya untuk memamerkan koleksi pakaian di panggung mancanegara tersebut.
Menurut Founder dan CEO The Bespoke Fashion (TBF), Melinda Babyanna, brand fashion lokal bisa saja mengadakan acaranya sendiri dan memamerkan koleksinya di luar negeri, asalkan telah memiliki persiapan yang matang.
Yuk, simak apa saja tiga strategi penting untuk brand lokal yang tertarik untuk mengadakan fashion show di luar negeri, seperti dijelaskan oleh Melinda berikut ini!
1. Brand DNA
Sebagai seorang konsultan fashion yang membantu desainer hingga brand fashion, Melinda menekankan pentingnya memiliki brand DNA sebelum sebuah brand menembus pasar internasional.
Maksudnya, sebelum menargetkan pasar internasional, sebuah brand harus memiliki rangkaian koleksi dengan ciri khas brand tersebut.
Brand DNA-nya harus kuat. Collection plan harus bisa menyesuaikan dengan season di sana.
Selain itu, penting juga untuk menyesuaikan koleksi yang ingin ditampilkan dengan setiap fashion season.
2. Kesiapan dan tujuan
Konsistensi sebuah brand juga tak kalah pentingnya dalam hal ini, sehingga ketika nanti mendapatkan tawaran ataupun ajakan kerja sama, pemilik brand fashion sudah memiliki persiapan.
“Karena memang kalau sudah sampai di international market, objektifnya harus jelas dulu. Kita sudah siap untuk dikenal, kemudian konsistensi brand-nya juga berlanjut atau sustainable brand, jadi enggak cuma satu kali muncul, habis itu enggak tau ke mana,” ungkap Melinda.
“Jadi kita pun sudah siap untuk menerima semua tawaran. Tawaran untuk photoshoot, kolaborasi, B2B, atau segala macam. Jadi sebelum berangkat, mau dia brand baru atau bukan, yang paling penting adalah kesiapan dan komitmen untuk masuk ke market Paris,” lanjutnya.
3. Memahami pasar
Hal selanjutnya yang harus dilakukan oleh brand fashion ialah untuk memahami pasar, yakni dengan melakukan review market hingga competitor review.
Memahami budaya kota tujuan juga perlu diperhatikan agar brand bisa menyesuaikan kembali koleksinya dengan selera masyarakat di sana.
Setelah ketiga hal di atas dilakukan, barulah kamu bisa mulai mempersiapkan katalog hingga mengatur strategi pemasarannya.
“Kemudian kita harus mempersiapkan semuanya, branding marketing, mulai dari katalog, e-catalogue, kemudian juga kalau memang berjualan di website langsung bisa ke website. Jadi memang hal-hal seperti itu harus kita pahami,” ujar Melinda.
Intinya jangan berangkat ke Paris atau ke mana pun tanpa preparation yang cukup kuat.
Nah, itulah beberapa persiapan penting yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mengadakan show di tingkat internasional, Sisters. Dengan adanya persiapan di atas, maka diharapkan brand fashion lokal dapat melebarkan sayapnya dan menembus pasar internasional, sehingga brand-nya pun menjadi lebih dikenal.
Jadi, apakah kamu berencana untuk memamerkan koleksi dari brand kamu ke masyarakat luar negeri, seperti masyarakat Paris, Sisters?