Sisters sudah pernah dengar istilah Cross-promotion?
Cross-promotion adalah ketika brand saling bekerja sama untuk memasarkan satu sama lain ke pelanggan. Cross-promotion digunakan untuk bisa menonjol dari persaingan pasar periklanan yang ramai, di mana bisnis, organisasi nirlaba, dan lembaga pemerintah dengan antusias mengadopsi pendekatan ini untuk “mengeluarkan pasar” dari pesaing yang lebih besar.
Cross-promotion memiliki potensi untuk hasil pemasaran yang besar karena mitra dapat berhasil berkembang melalui basis pelanggan masing-masing. Strategi ini juga merupakan cara yang bagus untuk memotong biaya pemasaran dengan berbagi di antara mitra.
Nah, berikut ini tiga cara untuk melakukan cross-promotion bagi bisnismu yang diintegrasikan secara digital:
1. Bermitra dengan brand yang bukan pesaing
Berkolaborasi dengan brand yang bukan pesaing adalah cara yang bagus untuk memperluas bisnismu ke pasar yang baru. Misalnya:
– Influencer
– Bisnis Lokal
– Bisnis di luar niche kamu saat ini
– Organisasi nirlaba.
Sebelum membuat posting-an, kamu dan mitra harus membahas sifat konten, tone, dan uraiannya sehingga relevan dengan pasar masing-masing.
2. Posting media sosial
Media sosial adalah alat pemasaran online yang ampuh dan terbukti mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen. Statistik menunjukkan bahwa 46 persen keputusan konsumen untuk menggurui atau membeli produk atau layanan dipengaruhi oleh posting media sosial. Cross promotion sosial mediamu dapat lebih meningkatkan upaya pemasaran online dengan cara:
– Integrasikan sosial media dengan pemasaran email.
Untuk lebih meningkatkan kekuatan sosial media, coba integrasikan dengan strategi pemasaran email kamu. Email sangat efektif karena semua orang membuka kotak masuk mereka setidaknya sekali sehari.
Promosikan posting sosial media terbaru kamu ke newsletter email biasa. Pemasaran email tidak hanya akan meningkatkan jumlah tampilan halaman, tetapi juga berpotensi meningkatkan keterlibatan secara keseluruhan.
– Gunakan situs web atau halaman blog-mu
Jika kamu menggunakan WordPress untuk situs atau halaman blog, plug-in seperti Publicize akan secara otomatis mengirim konten situs web kamu ke jaringan media sosialmu. Kamu juga dapat menyematkan posting media sosial terbaru kamu di sidebar situs web kamu.
3. Cross promotion pemasaran konten
Pemasaran konten menjadi strategi pemasaran online yang semakin populer. Orang-orang akan online untuk mencari konten yang relevan, segar, dan menarik. Mempromosikan pemasaran konten kamu secara silang adalah cara terbaik untuk memperluas jangkauannya ke pasar baru.
– Tambahkan tautan di dalam kontenmu
Pembuatan tautan adalah strategi sempurna untuk memperkenalkan pasar baru ke kontenmu. Jika kamu menautkan ke situs web, mereka dapat membalas dan menautkan kembali kepada kamu atau membagikan pos kamu di media sosial. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memastikan tautan tersebut relevan dengan kontenmu.
– Blog di komunitas lain
Blogging tamu di komunitas terkait adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan kontenmu, khususnya ke pasar dan audiens baru. Blogging tamu tidak hanya akan membawa lebih banyak tampilan ke situs kamu, tetapi juga dapat mendorong beberapa audiens baru untuk membagikan konten kamu di jaringan masing-masing.
Banyak ide kreatif yang bisa dimanfaatkan bisnismu dalam melakukan pendekatan pemasaran cross-promotion yang cukup efisien, mulai dari yang rendah risiko, tinggi risiko dan jalan terbaik untuk stand out.
Sumber: ideoworks.id