Marie Kondo atau yang juga dikenal dengan KonMari adalah wanita asal Jepang yang mengembangkan sebuah metode merapikan ruangan yang berantakan hingga memilah barang yang diperlukan. Berkat metode yang praktis dan mudah diaplikasikan, ia dijuluki “the tidiest woman in the world” dan seorang ahli organizing dan decluterring terkenal hingga ke seluruh dunia. Wah, inspiring banget, ya, Sisters!
Penggunaan metode KonMari ternyata bukan hanya soal merapikan barang-barang dan ruangan saja, lho! Urusan finansial juga bisa menjadi lebih baik dengan menerapkan metode KonMari. Bagaimana caranya?
1. Pengeluaranmu saat ini untuk kepuasaan atau kebahagiaan?
Marie Kondo punya cara unik untuk menemukan kebahagiaan dengan menyentuh satu per satu barang. Saat menemukan barang yang benar-benar membuat hati menjadi senang, kamu dapat menyimpannya.
Nah, sekarang cek ulang pengeluaranmu. Apakah kamu jadi boros karena kurangnya kontrol? Nah, daripada cuma demi kepuasan, lebih baik alokasikan pengeluaran khusus yang bisa membuatmu bahagia, sehingga kamu benar-benar bisa menikmati dan memaknai hasil kerja kerasmu.
2. Kelompokkan sesuai fungsi
Dengan kamu menempatkan barang-barang di rumah sesuai fungsinya tentu akan memudahkan kamu saat mencari barang itu, kan?
Begitu juga dalam mengelola keuangan. Kelompokkan jenis pengeluaran berdasarkan skala prioritas. Misalnya kebutuhan pokok, kewajiban, dan hiburan.
3. Isi rumah dengan barang menarik
Ruangan yang diisi dengan hiasan menarik, bikin kamu jadi betah dan nyaman, kan?
Nah, kalau menambah pundi-pundi rekening dengan berinvestasi, pasti bikin kamu jadi makin bersemangat, nih. Kamu bisa memulainya dengan investasi melalui tabungan emas. Kemudian, luangkan waktu untuk mempelajari jenis investasi lain seperti investasi reksadana dan properti.
4. Jangan lupa abadikan suasana before-after saat beberes
Coba ingat-ingat, lebih banyak mana pengeluaranmu, bulan ini atau bulan lalu? Jika bulan lalu pengeluaranmu hampir mendekati minus, sekarang saatnya lakukan review. Telusuri pos pengeluaran yang bengkak. Nah, disinilah kamu dapat menambal bocornya pengeluaran dengan langkah antisipasi. Misalnya saja dengan berhemat, menunda pembelian, hingga menambah pekerjaan sampingan.
Beres-beres keuangan semudah rapikan kamar? Bisa banget. Kenapa tidak kita lakukan keduanya aja? Rumah rapi, dompet dan pengeluaran pun terorganisir dengan baik. Selamat mencoba, Sisters!