Hai Sisters! Media sosial Instagram sebagai platform berbagi foto bukan hanya dijadikan media untuk keperluan pribadi saja, tapi dari sana juga bisa lahan bisnis bagi banyak pelaku usaha. Mungkin kamu salah satunya yang punya akun online shop di Instagram?
Nah, mencari peluang di sana sebenarnya adalah hal yang bagus. Tapi, karena begitu banyaknya online shop yang ada di Instagram, kamu patut menerapkan strategi untuk membuat online shop-mu terlihat menarik daripada yang lain. Untuk itu kalau kamu mau sukses jualan di Instagram, hal-hal berikut ini penting banget untuk dilakukan:
Sisters, hal yang awalnya akan dilihat orang saat membuka akun online shop adalah profile akun tersebut; dan selanjutnya mereka akan menentukan untuk mem-follow akun tersebut atau tidak. Makanya, profile harus dibuat menarik. Kalau bisnismu masih skala kecil atau menengah, ada baiknya memasang logo sebagai foto profil agar terlihat lebih profesional. Tulis deskripsi akun secara cermat dan jelas. Serta pastikan bagian link terisi.
Di Instagram, foto mencerminkan komoditi yang kamu jual. Boleh jadi online shop A dan online shop B menjual barang yang sama, tapi karena foto yang di-post oleh online shop A berkualitas lebih tinggi, sehingga barang di sana jadi lebih cepat terjual. Hal seperti ini sering terjadi, girls. Karena bagaimana pun, kualitas foto yang ada akan mempengaruhi penilaian orang terhadap barang yang kamu jual. Jadi unggah foto yang bagus untuk menciptakan kesan yang bagus, ya.
Sisters, ibaratnya, feeds Instagram online shop kamu jadi ‘etalase’; semakin ia terlihat cantik, maka akan semakin menarik. Tentunya, jika sudah menarik akan lebih cepat laku, kan? Nggak sedikit orang senang melihat feeds online shop yang rapi. Biasanya, itu yang akan memancing mereka untuk scroll down lebih banyak ke akun online shop-mu.
Salah satu cara untuk mendapatkan perhatian dari banyak orang adalah mengunggah konten yang menarik. Kamu bisa menerapkan cara ini menggunakan video. Unggah video berdurasi 3, hingga 60 detik dengan ide kreatif. Sebelum mengunggah video, pastikan kamu telah memiliki audience untuk menonton dan meresepon video tersebut, Sisters.
Tujuanmu dalam membuat online shop adalah untuk berjualan, maka gunakan hashtag yang mewakilkan barang jualanmu dan sesuai dengan apa yang kamu post, bukannya hashtag yang sedang tren saja dengan jumlah yang sangat banyak. Dengan hashtag yang tepat, ini akan menambah peluang jika ada orang yang bukan followers, tapi ia sedang mencari barang yang kamu jual.
Sisters, kamu juga bisa merencanakan jadwal rutin di jam berapa saja akan meng-upload foto setiap harinya. Karena dengan meng-upload foto beberapa kali dalam sehari akan lebih banyak kesempatan untuk menarik pelanggan. Karena orang-orang online di Instagram pada jam yang berbeda-beda. Selain itu, dengan sering meng-upload foto, jumlah post akan banyak, dan itu akan memungkinan orang untuk tertarik folllow online shop-mu.
Aktif di sini maksudnya bukan hanya rajin mengunggah foto saja, Sisters, tapi juga aktif untuk berinteraksi. Salah satu yang penting, aktif untuk membalas komentar yang masuk pada setiap post atau di inbox Direct Message. Jika interaksi dengan followers sudah dilakukan, kamu bisa mencari akun online shop lain yang sebidang, kemudian komentar di post mereka untuk menarik followers baru.
Sisters, supaya online shop-mu bisa eksis dan banyak orang yang ingin menggunakan produkmu, pikirkan strategi marketing seperti mengadakan giveaway, kuis, promosi potongan harga, atau mungkin promosi menggunakan paid promote dengan meminta para selebgram memperkenalkan produkmu kepada followers mereka.
Yang tak kalah penting adalah konsisten dalam melakukan cara-cara di atas supaya kualitas marketing online shop kamu bertahan dengan baik. Selamat mencoba ya, Sisters!
Sumber artikel: rimma.co