Sisters, bisnis ritel adalah aktivitas memasarkan produk, baik berupa barang atau jasa dalam satuan atau eceran kepada konsumen secara langsung. Konsumen banyak membeli produk di toko ritel secara satuan karena memang hanya digunakan untuk penggunaan pribadi atau rumah tangga saja. Tidak hanya berbentuk fisik, bisnis ritel juga bisa dilakukan secara digital, atau istilah yang banyak dipahami masyarakat adalah toko online.
Dalam dunia ritel, pelaku bisnis tersebut bertugas untuk menghubungkan antara produsen dengan konsumen. Karena hal ini, bisnis ritel dianggap sebagai aspek penting dalam supply chain atau rantai pasokan.
Tanpa adanya pelaku di bisnis ini, pihak perusahaan tentu akan sulit untuk memasarkan produknya kepada konsumen, begitupun sebaliknya.
Tips dan Trik Memulai Bisnis Ritel
Fungsi dari mendirikan bisnis ritel memang tidak dapat dipandang sebelah mata. Baik bagi pemilik maupun masyarakat sekitar, ritel dapat memberikan keuntungan yang dibutuhkan oleh semua pihak yang terlibat, termasuk perusahaan produsen. Oleh karena itu, bagi kamu yang berencana untuk mencoba peruntungan melalui bisnis ritel, ada beberapa tips dan trik untuk memulainya.
Kode Khusus
Kamu pasti paham jika mengurus bisnis ini bukanlah suatu perkara yang mudah dilakukan. Ada ratusan, atau bahkan ribuan barang yang harus diatur dan ditawarkan kepada pembeli. Nah, untuk memudahkan prosesnya, berikan kode khusus untuk setiap barang agar lebih mudah diingat dan terkontrol jumlahnya.
Tidak Menaruh Semua Barang di Display
Selain itu, hanya tampilkan barang yang dijual dalam jumlah tertentu dan sisanya disimpan di gudang untuk meminimalisir risiko pencurian. Usahakan pula untuk selalu mencatat setiap transaksi sehingga omzet dan profit yang diperoleh dapat terlacak setiap harinya.
Sistem First In First Out
Untuk produk yang memiliki masa kedaluwarsa, pastikan kamu melakukan pengecekan kapan barang masuk dan terapkan sistem first in first out agar tidak ada barang yang terbuang. Lakukan pula pengecekan stok minimal setiap sebulan sekali agar stok barang dapat tercatat sesuai data.
Salah satu yang terpenting dalam memulai bisnis ritel adalah pemilihan lokasi yang potensial dan dengan barang yang dibutuhkan oleh mayoritas masyarakat di lokasi tersebut. Keberadaan kompetitor dan kepadatan penduduk juga perlu dipertimbangkan dalam memiliki lokasi bisnis ritel yang strategis.
Hindari pula melakukan perang harga dalam menggaet konsumen. Melainkan, coba tingkatkan pada aspek kelengkapan barang dan pelayanan sehingga konsumen menjadi lebih senang berbelanja di tempatmu. Menjaga hubungan dengan supplier juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar kerjasama tetap berjalan dan membuka kemungkinan pemberian diskon harga.
Ritel dewasa ini masih menjadi jenis bisnis yang menjanjikan dan bisa dijalankan oleh kelompok maupun perseorangan. Selain tips di atas, menentukan target pasar dan produk yang akan dijual merupakan kunci utama agar bisnis ini dapat memberikan kesuksesan. Kamu mau coba, Sisters?