Sisers, sudah bukan rahasia lagi bahwa salah satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memanfaatkan media sosial.
Instagram Business memungkinkanmu melakukan promosi yang lebih terarah dengan hasil yang lebih memuaskan. Hal ini karena fitur-fiturnya memang dibuat untuk mendukung keperluan berbisnis, serta memperluas distribusi kontenmu agar lebih diketahui banyak orang.
Pertanyaannya adalah, bagaimana cara menggunakannya dan apa saja keuntungan memiliki akun bisnis tersebut? Nah, baca sampai akhir, yuk!
1. Miliki akun Instagram Business
Cukup mudah untuk membuat akun Instagram business. Kamu bahkan tak perlu membuat akun baru untuk memilikinya.
Bersumber dari situs resminya, kamu cukup log in pada akun Instagram-mu, kemudian tap profilmu. Selanjutnya, tap hamburger menu di sudut kanan atas (tiga garis sejajar), kemudian pilih setting. Setelahnya, kamu dapat men-tap account, pilih switch to professional account, kemudian pilih business account. Nah, akunmu telah resmi menjadi akun bisnis dan kamu sudah siap menikmati beragam fiturnya.
2. Maksimalkan profilmu
Bersumber dari Sprout social, kamu perlu mengisi foto profil, nama akun, username, bio, dan website. Kelima hal tersebut bisa dibilang adalah wajah dari akun Instagram-mu.
Dengan memiliki profil yang menarik, calon konsumen juga akan tertarik untuk mengintip profilmu dan selanjutnya mencari tahu lebih jauh tentang produk yang kamu jual.
3. Miliki strategi
Memang, Instagram Business berfungsi selayaknya media sosial pada umumnya. Namun, karena kamu memiliki tujuan untuk mendapatkan peningkatan penjualan, kamu tak bisa sembarangan untuk mengirim sesuatu di Instagram. Kamu memerlukan strategi yang baik agar akunmu semakin menarik.
Misalnya, kamu harus memiliki konten yang konsisten, seperti desain, foto, dan bahasa yang digunakan. Kemudian, kamu harus menentukan kapan kamu akan mengunggah suatu konten, dan di mana konten tersebut layak diunggah, apakah di Instagram Stories atau di feed.
Terakhir, kamu juga perlu tahu strategi untuk mengiklankan profilmu melalui Instagram Business.
4. Jalin hubungan dengan followers-mu
Setelah kamu memiliki strategi dan konsisten mengirim konten, cara menggunakan Instagram Business selanjutnya adalah kamu harus menjalin hubungan dengan followers-mu. Hal ini dapat dilakukan dengan membalas komentar yang diberikan, mengirim pertanyaan untuk followers, bahkan mengadakan giveaway.
Pasalnya, algoritma Instagram mengutamakan akun yang menjalin hubungan baik atau melakukan engagement dengan followers-nya. Itulah mengapa kamu perlu melakukan ini agar akunmu semakin dilihat oleh banyak pengguna lainnya.
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Instagram Business memiliki berbagai fitur untuk memaksimalkan kepentingan bisnismu.
Berikut adalah beberapa fitur yang dapat kamu gunakan:
- Analytics
Fitur penting dari Instagram Business adalah adanya analytics. Dengan ini, kamu dapat mengetahui analisis dari konten yang kamu unggah. Hal ini seperti jumlah kunjungan, demografi, serta waktu yang menunjukan kapan followers-mu aktif menggunakan Instagram.
- Ads
Selanjutnya yang tak kalah penting yaitu ads. Memiliki akun Instagram Business memungkinkanmu untuk mengiklankan kontenmu. Hal ini tentu akan memperluas jangkauan orang yang akan mengetahui akunmu.
- Button untuk menghubungimu
Fitur lainnya adalah kamu dapat memiliki tombol tersendiri untuk menghubungimu. Hal ini seperti email, dan nomor telepon. Jika pada akun Instagram biasa tombol pada profil terdiri dari “follow” dan “messages”, dengan akun Instagram Business terdapat satu tombol lagi yaitu “contact”.
Kamu sudah punya akun Instagram Business untuk mempromosikan bisnismu, Sisters? Jangan lupa tag akun tersebut di program Toko Sister, ya!