Sisters, bekerja dari rumah atau istilah kerennya Work From Home (WFH) memberi dua sisi mata uang; bisa menyenangkan dan tak jarang menjemukan. Walhasil, WFH selama pandemi corona Covid-19 menjadi tantangan yang tak mudah untuk ditaklukkan. Satu di antara faktor tersebut adalah ketidakbiasaan.
Masuknya Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah mengeluarkan kebijikan agar warga tetap berada di rumah dalam periode karantina mandiri. Waktunya selama 14 hari.
Selama masa karantina, warga diminta untuk "memindahkan" pekerjaan sehari-hari di kantor, ke rumah masing-masing atau Work From Home. Kebijakan pemerintah tersebut dipatuhi sejumlah perusahan, yang lantas mengizinkan karyawannya untuk tetap bekerja seperti biasa, hanya dalam situasi ini, dilakukan di rumah.
Namun, hal tersebut menjadi kendala tersendiri yang dirasakan sebagian orang. Agar masa Work From Home tetap bisa berjalan lancar dan sama suksesnya seperti ketika bekerja di kantor, berikut lima tipsnya. Simak yuk, Sisters!
Buat Jadwal yang Tepat
Memiliki jadwal yang terstruktur dengan rapi dapat membantumu dalam melakukan tugas dengan sukses di rumah. Kamu dapat menjadi manajer untuk diri sendiri.
Sesekali berkomunikasi dengan rekan kantor dan berdiskusi menggunakan panggilan video juga dapat memperlancar pekerjaan yang sedang kamu lakukan di rumah. Terkadang, kesulitan dalam sebuah pekerjaan akan mudah terurai jika memiliki teman berdiskusi.
Pada akhir pekerjaan, tuliskan daftar yang harus kamu lakukan pada hari berikutnya sehingga hal tersebut dapat membantu pekerjaan lebih tertata rapi, selain itu kamu tidak akan bingung dengan apa yang akan dilakukan selanjutnya.
Beristirahat secukupnya agar tetap dapat fokus melakukan segala pekerjaan yang dilakukan dari rumah. Tidak adanya gangguan atau keramaian yang sering terjadi di dalam kantor, terkadang dapat menjadikanmu lebih produktif.
Jaga Komunikasi
Dalam era digital kali ini, banyak teknologi komunikasi yang dapat kita pakai untuk menjalin komunikasi dengan rekan kerja.
Jika biasanya kamu melakukan rapat mingguan di kantor, kali ini selama bekerja dari rumah kamu dapat menggunakan aplikasi seperti google Hangout, zoom, dan skype untuk melakukan rapat dari rumah.
Kamu juga dapat membuat jadwal untuk selalu melakukan kontak melalui sambungan telepon atau panggilan video dengan rekan kerja sehingga hal tersebut akan membantumu melakukan pekerjaan dengan mudah dan cepat.
Bahkan melakukan rapat melalui aplikasi seperti zoom dengan waktu yang cukup sering juga dapat meningkatkan produktivitasmu selama melakukan WFH, Sisters.
Menerima Gangguan yang Ada di Rumah
Ada beberapa gangguan yang akan kamu alami selama melakukan pekerjaan di rumah, mulai menonton televisi, bermain media sosial, bermain bersama anak, dan berbagai macam lainnya.
Ada gangguan yang bisa kamu minimalisasi kehadirannya, namun juga banyak gangguan yang tidak dapat kamu hindari, semisal anak yang ingin ikut "bekerja bersama"mu.
Cobalah beradaptasi dan menjelaskan kepada anak bahwa hal yang sedang kamu lakukan adalah sesuatu yang penting untuk segera diselesaikan.
Berkumpul bersama anak di rumah menjadi sesuatu hal yang penting, karena hal tersebut juga dapat menghindarkanmu dari rasa stres.
Nah, gimana, Sisters? Nggak sulit kan untuk WFH?