Hai Sisters! Di zaman sekarang ini, strategi pemasaran yang baik mutlak diperlukan. Bukan hanya untuk menarik calon konsumen, namun juga untuk mengatur budget agar menjadi efektif.
Sebanyak apapun uang yang dimiliki oleh sebuah bisnis akan habis secara percuma tanpa adanya strategi pemasaran yang baik. Dalam hal ini tentunya akan sangat menyulitkan bagi sebuah bisnis baru dalam mengatur keuangan.
Seperti yang diketahui, selain budget untuk pemasaran, perusahaan juga harus membayar gaji tim, biaya sewa kantor, bahan baku dan biaya operasional berkelanjutan lainnya – sambil berjuang untuk mendapatkan cukup pendapatan agar tetap bertahan.
Pastinya, strategi pemasaran dengan anggaran lebih tinggi dapat membawa lebih banyak visibilitas dan konsistensi dalam pemberian feedback, namun ada banyak strategi pemasaran murah dan sangat efektif yang dapat kamu gunakan untuk membantu pertumbuhahan bisnis. Simak beberapanya dibawah ini, yuk, Sisters:
1. Referensi/referral
Salah satu cara terbaik untuk memasarkan adalah menghindari pemasaran sama sekali; Sebagai gantinya, ciptakan sebuah sistem yang memungkinkan pelanggan melakukan pemasaran untukmu.
Pertimbangkan fakta bahwa orang empat kali lebih mungkin untuk membeli produk ketika itu dirujuk oleh teman mereka.
Terlebih lagi, membuat program rujukan tidak memerlukan biaya banyak, dan tergantung bagaimana kamu menyusunnya, mungkin bisa menjadi gratis.
Kamu bisa menawarkan diskon pada pelanggan saat ini dengan imbalan referensi pelanggan baru, atau menawarkan hadiah uang tunai. Jika kamu benar-benar berinvestasi dalam strategi ini, kamu akan melihat hasil yang mengejutkan, lho, Sisters!
2. Siaran pers dan fitur berita
Orang-orang membaca berita secara teratur, dan jika kamu memiliki sesuatu yang layak untuk dilaporkan, sebagian besar media berita dengan senang hati akan melaporkannya untukmu, Sisters.
Siaran pers adalah cara murah untuk mendapatkan merekmu dapat disebutkan di publikasi utama.
Jika kamu melakukan semua pekerjaan itu sendiri, memburu dan mengirim email kepada wartawan, siaran pers sebenarnya bisa menjadi strategi pemasaran gratis, lho, Sisters.
3. Konten marketing
Content Marketing atau Pemasaran konten membutuhkan banyak bentuk, namun tidak ada investasi yang signifikan. Pendekatan yang paling sederhana adalah mengelola blog resmi perusahaan, menambahkan konten baru beberapa kali dalam seminggu yang menginformasikan atau menghibur pembacamu dengan cara yang unik dan praktis.
Infografis, video dan podcast semuanya termasuk dalam kategori pemasaran konten juga. Semua media konten ini memiliki kekuatan untuk meningkatkan reputasi merekmu, meningkatkan lalu lintas pengunjung.
4. SEO
Sisters, jika kamu menghabiskan waktu untuk menulis artikel sebagai teknik pemasaran, maka jangan lupa untuk berinvestasi dalam meningkatkan optimasi mesin pencari (SEO).
Hal ini mungkin tampak rumit secara teknis, namun kenyataannya adalah dengan sedikit membaca dan ketekunan, kamu dapat dengan mudah mempelajarinya.
Kamu akan menggunakan alat online seperti Moz’s Keyword Explorer untuk mengidentifikasi kata kunci yang relevan yang dapat menarik lalu lintas tinggi ke website dengan persaingan rendah.
Kamu juga perlu membuat perubahan struktural, cobalah untuk menulis konten berkualitas tinggi secara konsisten.
Hal ini akan menjadi pekerjaan rutin yang penting dan wajib dilakukan, tapi jika kamu melakukannya sendiri, satu-satunya biayamu adalah waktu. Percayalah manfaat jangka panjangnya akan sangat besar.
5. Sosial media marketing
Mulailah dengan membuat profil untuk bisnismu di platform utama seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Isi profil, dan mulai isikan konten yang diinginkan oleh pasar sasaranmu.
Jangkau individu, dan pastikan untuk tetap terhubung. Dengan melakukannya secara konsisten, kamu bisa menumbuhkan ribuan pengunjung, yang mewakili arus lalu lintas ke website-mu.
6. Email marketing
Sisters, strategi pemasaran email tetap menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling hemat biaya, dengan beberapa sumber yang mengklaim laba atas investasi (ROI) sebesar 400 persen atau lebih.
Selama kamu memiliki daftar yang bagus (dikelompokkan secara organik, bukan dibeli), dan aliran email keluar yang stabil namun tidak invasif, kamu dapat melihat pengembalian yang signifikan kapan saja atau uang yang kamu hasilkan melalui strategi ini.
7. Personal branding
Personal branding bekerja seperti corporate branding, kecuali itu berlaku untukmu sebagai individu. Kamu akan mempromosikan diri dan keahlianmu di media sosial, dan mungkin di blog khusus, mendapatkan pengikut baru dan sumber lalu lintas dan minat yang terpisah.
Nilai di sini adalah bahwa orang cenderung mempercayai orang lain lebih dari sekadar perusahaan, jadi pada akhirnya, kamu akan memiliki kekuatan mempengaruhi yang dapat kamu gunakan untuk menggabungkan konten atau menarik prospek baru – semuanya tanpa membayar sepeser pun, lho.
Nah, gimana, sudah kebayang kan strategi pemasarna dnegan bujet minim yang bisa kamu lakukan? Semangat, Sisters!