Hai Sisters! Jika kamu adalah seorang pengusaha yang baru ingin memulai sebuah bisnis, mungkin kamu masih belum merasa butuh untuk membuat brand karena kamu sudah cukup percaya diri dengan produk yang sudah dibuat.
Namun sayangnya, produk/jasa yang kamu buat tidak dapat memasarkan dirinya sendiri. Kamu harus membentuk sebuah brand untuk produk/jasa yang kamu buat untuk berbagai manfaat sebagai berikut:
1. Memberikan Identitas Produk/Jasa
Brand berfugsi sebagai identitas. Identitas itu lah yang membedakan produk/jasamu dengan produk/jasa sejenis milik kompetitor. Identitas brand yang paling dasar adalah logo desain.
2. Menyampaikan Nilai Produk/Jasa Anda
Pada saat kamu membangun sebuah brand, berarti kamu sudah siap untuk menyampaikan pesan berupa nilai yang terkandung pada produk/jasa yang kamu produksi kepada masyarakat. Nilai yang kamu anut dan sampaikan tersebut bisa menjadi magnet tersendiri bagi target market dari produk/jasa yang brand kamu tawarkan.
3. Menjalin Komunikasi dengan Pelanggan dan Target Market
Dengan adanya brand, berarti kamu telah membuka pintu komunikasi dengan target market dan calon pelangganmu. Brand akan menyampaikan berbagai pesan kepada masyarakat; nilai, kelebihan dari produk/jasa, unique selling point (USP) produk/jasa dan berbagai hal lainnya. Selain itu, kehadiran brand juga memungkinkanmu untuk mendapatkan review dari pelanggan yang telah mencoba produk/jasa dari brand kamu.
4. Membangun Kredibilitas dan Persepsi
Setelah beberapa orang mencoba produk/jasa dari brand yang kamu buat, mereka akan mengetahui kredibilitas brand kamu dan mulai membangun persepsi mereka mengenai brand kamu.
5. Mempermudah Proses Referral
Selain mendorong pembelian, kehadiran brand juga mempermudah proses referral yang mungkin akan dilakukan oleh customer ketika mereka puas dengan produk/jasa yang diberikan oleh brand yang kamu miliki, Sisters.
Nah, Sisters, sekarang kamu sudah tahu kan alasan mengapa strategi branding itu perlu, sudah kebayang gimana strategi bisnismu?