Hai Sisters! Mendapatkan kepercayaan menjadi leader atau pemimpin tentunya sangat membanggakan. Namun, ternyata tak semua leader mampu memimpin timnya menjadi sukses. Diperlukan skill dan kualifikasi khusus bagi seorang leader untuk membawa timnya menuju kesuksesan. Jika kamu ingin menjadi seorang leader atau ingin meningkatkan kemampuan kepemimpinanmu, inilah beberapa skill yang perlu dimiliki. Simak, ya!
1. Kepercayaan Diri
Sisters, seorang leader harus memiliki kepercayaan diri, karena orang biasanya akan mengikuti pemimpin yang percaya diri. Percaya diri bukan berarti sombong, melainkan memiliki tujuan dan arah yang jelas. Bayangkan kalau seorang pemandu jalan ragu-ragu dengan rute yang dia pilih, tentu saja orang juga akan ragu-ragu dan tidak ingin mengikutinya. Dengan memiliki arah dan tujuan yang jelas, mereka yang dipimpin pun menjadi lebih yakin dan mau mengikuti arahan pimpinan mereka.
2. Mengambil Keputusan
Dalam situasi yang serba dinamis, seorang pemimpin juga harus bisa mengambil keputusan dengan cepat, lho, Sisters. Membiarkan atau menunda menyelesaikan suatu masalah akan semakin memperburuk situasinya. Selain itu, hal ini juga mencerminkan bahwa kamu adalah seseorang yang kurang tegas dan tidak bisa diandalkan oleh timnya.
3. Negosiasi
Memimpin tim bukanlah persoalan mudah karena kamu akan dihadapkan dengan perbedaan karakter, persepsi, kemampuan, kepentingan, dan lain-lain. Kamu harus membuat semua perbedaan itu menjadi harmoni yang indah dengan kemampuan negosiasi yang handal, Sisters. Dengarkan pendapat dari berbagai sudut dan libatkan mereka dalam menemukan solusi. Dengan begitu, meskipun mungkin solusinya tidak benar-benar seperti yang mereka harapkan, namun karena mereka juga merupakan bagian dari yang memberikan solusi tersebut, merekapun akan mematuhinya.
4. Memotivasi
Sisters, seorang pemimpin juga merupakan sumber motivasi dan inspirasi bagi tim dan masing-masing individunya. Mengikuti latihan team building bisa semakin mempersolid tim dan meningkatkan kemampuan problem solving mereka. Namun hal itu tidaklah cukup. Kamu harus tahu bagaimana caranya memotivasi masing-masing individu di dalam tim. Setiap orang memiliki motivasi yang berbeda-beda. Ada yang termotivasi karena uang, kedudukan, fasilitas, jadwal yang fleksibel, dan lain-lain. Terkadang ancaman atau konsekuensi pun perlu dilakukan sebagai bagian dari motivasi.
5. Berorganisasi dan Mendelegasikan
Pemimpin yang baik menyadari bahwa sumber daya yang dimilikinya terbatas, sehingga dia perlu mengorganisir semuanya dan membuat prioritas agar tenaga, modal, serta waktu digunakan dengan tepat dan tidak sia-sia, Sisters. Selain itu, pemimpin juga harus bisa mendelegasikan tugas-tugas kepada timnya dengan efektif, yaitu dengan memberikan pemahaman yang jelas mengenai cakupan proyek beserta batas waktunya. Tugasmu adalah menjawab pertanyaan, memonitor perkembangan, serta mengoordinasikan semuanya sampai hasil akhir dicapai.
Nah, kamu sudah punya 5 hal ini, Sisters?