Hai Sisters! Kamu sedang atau berniat akan menjalankan sebuah bisnis khususnya bisnis online? Seiring berkembangnya teknologi, persaingan bisnis di dunia digital pun menjadi ramai. Banyak pelaku bisnis online berlomba-lomba mempercantik tampilan website atau logonya supaya menarik pelanggan. Selain fokus untuk mendatangkan calon pelanggan baru, pelaku bisnis toko online juga harus bisa mendorong pelanggannya untuk melakukan repeat order (pembelian berulang-ulang).
Lalu bagaimana caranya agar konsumen kembali melakukan pembelian? Selain kualitas barang yang dijual, kemudahan, kenyamanan dan keamanan produk dalam pengiriman serta pelayanan yang diberikan juga berpengaruh, Sisters. Kesan pertama dalam menyapa konsumen juga perlu diperhatikan, tutur bahasa yang sopan, ramah dan menjawab dengan detail bisa menjadi bahan pertimbangan konsumen untuk berbelanja di bisnis online-mu, Sisters.
Bagi kamu para pemula yang berniat untuk terjun ke dunia bisnis online, yuk, simak beberapa tips bisnis online yang ciamik agar konsumen kembali melakukan pembelian di bisnis online-mu.
Kesan pertama
Sisters, tak hanya naksir orang saja yang bisa memberikan kesan pertama tak terlupakan, tetapi juga tampilan bisnismu yang menarik dan eye-catching juga bisa memberikan kesan tersebut bagi para konsumen! Nggak percaya? Jika kamu memiliki website yang unik dan mudah diingat, sudah pasti konsumen akan betah berlama-lama mampir ke toko online-mu, Sisters.
Komunikatif
Sebagai penjual, apalagi bisnismu dilakukan secara online tanpa ada tatap muka, maka kamu harus bisa lebih komunikatif. Selain harus bisa menjelaskan dengan detail produkmu, kamu juga harus informatif dalam segala hal, misalnya mengenai pembayaran dan juga pengiriman barang. Dengan bersikap komunikatif dan informatif, pasti konsumenmu akan melakukan repeat order karena nyaman dengan kamu, Sisters.
Packaging yang aman
Memang hal yang sepele, tapi packaging atau pembungkusan produk untuk pengiriman bisa menjadi salah satu pertimbangan pelanggan untuk membeli produkmu kembali. Bila kamu membungkus produk dengan asal-asalan, produkmu bisa saja rusak sebelum tiba di konsumen. Namun bila kamu membungkusnya dengan sangat aman, misalnya menggunakan bubble wrap, maka produkmu akan aman ketika dalam masa pengiriman. Jadi, jangan anggap packaging hal yang sepele lagi buat pelaku bisnis online, ya!
Foto produk sesuai aslinya
Sisters, kalau kamu penjadi pelaku bisnis online, foto adalah salah satu hal utama yang menunjang bisnismu. Mengapa tidak, kamu menjual produk melalui dunia maya dan pastinya kamu harus memberikan gambaran yang jelas mengenai produkmu itu, Sisters. Lebih baik kamu memotret sendiri produk yang kamu jual dan jangan mengambil gambar dari toko online lain, Sisters. Biar konsumen nggak kecewa di belakang hari, untuk urusan ini kamu harus jujur, Sisters. Berikan juga informasi dimensi atau ukuran produkmu, ya.
Tepat waktu dalam pengiriman
Sebagai pebisnis yang menjual produk melalui online, ada baiknya kamu mengirim pesanan tepat waktu. Kamu harus bisa mengira-ngira berapa hari produkmu sampai ke konsumen. Tepat setelah mereka melakukan pembayaran, lebih baik kamu langsung pergi ke ekspedisi pengiriman dan mengirimkannya, daripada ditunda-tunda. Nanti kamu malah kehilangan pelanggan, lho.
Memulai bisnis online baru memang tidak mudah, namun jika kamu mempunyai komitmen yang besar terhadapnya, kamu bisa sukses, Sisters!