Ibu, sosok perempuan Kartini di masa kini, pahlawan pendidikan tidak hanya untuk kami para anaknya tetapi juga para siswanya. Ya, ibuku adalah seorang guru SD di sebuah desa di Jawa Tengah, sekaligus single parent sejak Bapak meninggal tahun 1989 silam.
Ibu mengajar sejak lulus dari PGSD tahun 70an. Dedikasi Ibu pada dunia pendidikan sangatlah tinggi. Ibu bekerja lebih dari “job descripton” yang telah ditetapkan. Walau dikenal keras pada anak didiknya, beliau memiliki cita-cita mulia agar anak didiknya bisa mendapatkan ilmu dan pengajaran sesuai dengan haknya. Ketika sedang mengajar, Ibu sangat sulit untuk ditemui tamu. Prinsip beliau, pantang meninggalkan kelas untuk hal-hal yang tidak penting. JIka ada tamu, pasti akan ditemui setelah jam mengajar usai.
Beliau tidak jarang memberikan pelajaran tambahan kepada anak didik kelas enam yang akan mengikuti ujian akhir nasional. Beliau memberikan pelajaran tambahan secara cuma cuma, tanpa memungut bayaran sepeserpun. Jadi ketika ada pelajaran tambahan, beliau masuk sekolah pukul 06.00 pagi. Hasilnya, sekolahnya selalu mendapat prestasi kelulusan yang cemerlang di tingkat kecamatan. Pihak sekolah sangat bangga dengan prestasi tersebut, dan lebih membanggakan lagi karena prestasi tersebut diraih dengan kerja keras, bukan hasil kecurangan.
Ketika sudah tidak menjadi wali kelas 6, beliau tetap berjuang meningkatkan prestasi anak didiknya. Selepas maghrib, di rumah kami sudah ramai oleh beberapa murid yang belajar bersama ibu saya. Kebanyakan mereka adalah anak didik yang agak ‘tertinggal’ dalam pelajaran di sekolah. Jadi untuk mengejar ketertinggalan itu, beliau memberi pelajaran tambahan di rumah, dan sekali lagi tanpa dipungut biaya.
Ketika ada orang yang menanyakan “Digaji berapa sih kok mau bekerja ekstra begitu? “ Ibu Cuma menjawab “Digaji langsung oleh Tuhan Yang Maha Kuasa”
Selain peduli pada pendidikan di sekolah umum, beliau sangat peduli pada pendidikan agama anak didiknya. Ketika pagi sampai siang beliau mengajar di Sekolah Dasar, di sore hari beliau mengajar mengaji di sebuah madrasah di desa kami selama 4 kali seminggu. Salah satu ide beliau adalah ‘menghidupkan’ pepustakaan di madrasah tersebut. Selain itu beliau yang menggagas adanya kelas khusus untuk anak-anak yang dikenal nakal, dan diberi nama “kelas bengkel”. “Kelas bengkel “ tersebut berisi murid yang sering membuat masalah dan kegaduhan di kelas mengaji.
Sebagai single parent, Ibu benar –benar bekerja keras di luar tugas utama beliau sebagai guru. Terhitung belasan jenis usaha yang beliau tekuni demi menambah penghasilan keluarga. Usaha sampingan tersebut beliau jalankan sebelum dan selepas jam mengajar. Usaha yang pernah dijalani ibu antara lain membuat telur asin, membuat sale pisang, membuat kerajinan kipas, beternak ayam, burung puyuh hingga memelihara ulat sutera. Kami sebagai anak dilibatkan secara langsung dalam usaha yang dijalankan ibu, seperti memberi makan ayam, membersihkan kandang ayam atau mengantar pesanan kipas. Hal itu menjadi bagian bagi pendidikan bagi kami, sekarang kami merasakan hikmahnya, kami terbiasa bekerja keras dan lebih terlatih membagi waktu. Kami benar-benar bangga kepada Kartini Pendidikan Kami, Ibu.
gambar: freepik