Sisters, bicara tentang bisnis online milikmu, coba ukur posisi bisnismu dengan metode analisis SWOT.
SWOT merupakan salah satu tools manajemen untuk mengetahui faktor internal dan internal yang mempengaruhi suatu proses maupun kegiatan.
Komponen utama dalam analisa SWOT adalah Strengths (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang), dan Threat (Ancaman). Kekuatan dan kelemahan bersumber dari faktor internal, sedangkan peluang dan ancaman dipengaruhi faktor eksternal. Berikut rincian SWOT yang bisa diterapkan untuk menganalisis bisnis online:
1. Strength (Kekuatan)
Sisters perlu mengukur seberapa kuat bisnis online yang digeluti dengan melihat nilai lebih yang dimiliki. Kekuatan bisa berupa nilai jual produk yang kompetitif, desain produk yang unik, karyawan yang responsif, pengiriman produk sesuai jadwal, kemudahan dalam pembayaran, maupun peralatan pendukung yang memadai.
2. Weakness (Kelemahan)
Kelemahan identik dengan masalah atau problem. Identifikasi masalah akan efektif dilakukan dengan mengetahui akar masalah. Faktor utama dalam pencarian akar masalah adalah 4M (Machine, Methods , Man, Materials). Faktor 4M ini lazim digunakan di manufaktur, jika diadopsi di dalam bisnis online, implementasinya adalah sebagai berikut:
3. Opportunity (Peluang)
Indonesia adalah salah satu negara pengguna internet terbesar di dunia. Lazim kita jumpai para remaja yang sudah mulai menggunakan internet. Hal ini menguntungkan untuk pebisnis online. Target pasar tidak hanya kalangan pekerja, tetapi juga pelajar dan mahasiswa. Jaringan internet yang luas ke pelosok daerah juga merupakan peluang besar untuk Sisters sebagai pelaku bisnis online. Kamu harus bisa melihat peluang dari hal-hal seperti ini.
Banyaknya pilihan kurir atau jasa pengiriman juga membuat Sister lebih leluasa memilih mana yang paling sesuai untuk bisnis online yang Sister miliki.
4. Threat (Ancaman)
Dalam menjalani bisnis online, Sisters pasti menemukan tantangan yang bersumber dari luar. Contohnya koneksi internet yang lambat di jam sibuk, semakin banyak para pesaing yang menjual produk sejenis, kenaikan biaya pengiriman produk, pemadaman listrik maupun kenaikan harga dari supplier. Untuk mengantisipasi hal-hal yang menjadi "ancaman" ini, Sisters bisa membuat daftar ancaman apa yang terberat kemudian membuat rencana untuk mengatasinya.
Analisis SWOT ini baiknya kamu lakukan berkala sebagai cara mengevaluasi bisnismu. Cukup dilakukan tiap tahun atau tiap semester saja, sesuai kondisi bisnis online yang Sisters miliki. Selamat mencoba!