Sisters pasti sadar bahwa zaman di mana komunikasi berjalan konvensional sudah lewat. Era digital menuntut kita untuk menyesuaikan diri dalam banyak aspek. Salah satunya adalah cara berkomunikasi.
Komunikasi adalah dasar yang penting dalam membangun relasi apapun. Tidak terkecuali relasi bisnis dengan kolega maupun atasan. Bagi Sisters yang sedang meniti karir sebagai profesional muda, kuasai dulu skill komunikasi berikut.
1.Etika Berkirim Email
Saling berkirim Email tak dapat dihindari di dunia kerja. Sebelum kamu aktif berkirim email, pastikan dulu kamu sudah memenuhi etika dasar berkirim email. Selain menuliskan subjek email, jangan lupa mengisi badan email. Jangan membiarkan badan email tetap kosong karena badan email dapat diibaratkan sebagai isi surat. Kamu dapat mengisinya dengan penjelasan tentang tugas ataupun berkas yang kamu kirim.
2.Pilih Informasi Penting
Lawan komunikasi kita pasti akan lebih terbantu dengan komunikasi yang efisien. Baik dalam berkomunikasi langsung antar muka maupun melalui medium seperti chat dan email, pilih poin penting yang kamu sampaikan. Kamu dapat memberi highlight atau menulisnya dalam poin-poin yang mudah dipahami.
3.Public Speaking
Kemampuan bicara di depan orang banyak sudah tidak diragukan lagi fungsinya dalam dunia profesional. Kalau kamu kesulitan karena grogi atau malu, latih dirimu mulai dari kelompok yang kecil terlebih dahulu, Sisters. Ke depannya, tingkatkan jumlah audiens. Kamu juga dapat berimprovisasi seperti menambahkan jokes segar agar audiens tidak bosan.
Gimana, Sisters? Sudah siap menyongsong masa depan sebagai profesional di era digital?
foto: unsplash