Beberapa hari ini, Netizens ramai memperbincangkan algoritma baru dari feed Instagram. Ada yang panik, ada yang biasa saja menanggapinya dan ada yang malah mungkin senang. Ternyata, yang paling merasa terancam dengan algoritma baru ini adalah akun-akun online shop. Lho, kenapa ya?
Algoritma Baru Feed Instagram Menampilkan Foto Tidak Sesuai Kronologis Waktu
Dalam algoritma yang baru ini, foto-foto akan ditampilkan sesuai dengan ketertarikan pengguna pada suatu konten, hubungan akun dan ketepatan waktu. Sebelumnya, feed Instagram ditampilkan secara kronologis. Tentu saja akun-akun online shop khawatir bila algoritma baru ini diterapkan, maka foto-foto mereka tak bisa banyak dilihat oleh followernya. Hal ini tentu akan berdampak pada cara promosi mereka.
Nasib Endorsement, SFS dan Paid Promote
Endorsement, SFS dan Paid Promote adalah metode promosi yang jamak dilakukan oleh para pelaku online shop di instagram.
Endorsement adalah kerjasama online shop dengan akun artis ternama. Online shop tersebut memberikan produk jualan mereka secara cuma-cuma, dengan imbalan sang artis tersebut mengunggah foto mereka ketika menggunakan produk dari online shop tersebut. SFS adalah kepanjangan dari Shoutout for Shoutout yaitu sesama online shop saling mempromosikan satu sama lain. Sedangkan Paid Promote adalah cara promosi akun kita dengan cara membayar akun online shop lain yang mempunyai follower yang sangat banyak untuk memposting foto produk kita di tempat mereka.
Tujuan Endorsement, SFS dan Paid Promote tentu saja untuk menambah follower dan memperluas pangsa pasar mereka. Nah, kalau tampilan foto di feed tidak sesuai dengan kronologis waktu, tentu saja metode ini tidak bisa berjalan maksimal.
Instruksi Untuk Mengaktifkan Fitur Turn On Post Notification
Dalam beberapa hari ini, kepanikan yang melanda akun-akun online shop adalah instruksi untuk mengaktifkan Turn On Post Notification kepada para followernya sehingga posting mereka tetap dapat terlihat oleh para pengguna Instagram. Untuk pengikut setia, mungkin mereka akan dengan sukarela untuk mengaktifkan fitur ini. Tapi, tidak sedikit pula yang mencibir dengan instruksi para online shop ini.
Siapa Yang Untung?
Dari kabar resmi Instagram, algoritma baru ini belum diberlakukan. Kabarnya, akan diberlakukan hari Minggu ini. Bagi kamu pengikut akun online shop yang merasa terganggu dengan metode endorsement, SFS dan Paid Promote, bukankah ini kabar baik?
Artinya, feed kamu tidak akan dipenuhi oleh posting mereka dan kamu tidak perlu susah-susah untuk meng-unfollow. Bagi pihak Instagram sendiri, sepertinya akan melakukan monetizing seperti halnya Facebook, induk mereka. Jadi, bagi akun brand besar yang mempunyai dana marketing besar, tentu tidak menjadi masalah untuk membayar biaya promosi atau Ads di Instagram. Namun, bagaimana dengan toko-toko kecil atau online shop? Sejumlah biaya tentu akan dibebankan, yang bisa jadi akan menaikkan harga jual produk. Alih-alih mengandalkan Turn On Post Notification, mereka harus menemukan metode promosi baru yang menyesuaikan dengan algoritma baru Instagram yang akan diberlakukan.